Suara Karya

Kemkes: Tak Ada Kaitan Vaksinasi Covid-19 dan Kasus Hepatitis Akut pada Anak

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Kesehatan membantah adanya kaitan antara vaksinasi covid-19 dengan kasus hepatitis akut pada anak, yang hingga kini belum diketahui faktor penyebabnya.

Hal itu dikemukakan peneliti senior pada kasus hepatitis akut pada anak, Prof dr Hanifah Oswari, SpA(K) dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (5/5/22).

Prof Hanifah kembali menegaskan, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya keterkaitan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya itu dengan virus covid-19. Tetapi ada kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Upaya peningkatan kewaspadaan, pencegahan, dan pengendalian infeksi hepatitis akut pada anak, pemerintah telah menerapkan beberapa hal. Diantaranya, Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Kemkes juga telah menunjuk Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen.

Pemerintah juga meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, khusus untuk infeksi virus. Diharapkan ada rumah sakit rujukan di setiap Kabupaten. (Tri Wahyuni)

Related posts