Suara Karya

Kenalkan Seniman Berbakatnya, Kedubes Irlandia Gelar Pameran Ireland’s Eye 2024′

JAKARTA (Suara Karya): Kedutaan Besar (Kedubes) Irlandia kembali memperkenalkan seniman berbakatnya lewat pameran karya seni bertajuk ‘Ireland’s Eye 2024. Sepuluh karya seni itu juga akan dipamerkan di Surabaya, Jawa Timur.

Pameran yang dibuka Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Pádraig Francis di lobi World Trade Center (WTC) 2, Jalan Sudirman Jakarta, Selasa (19/3/24) akan berlangsung hingga 12 April 2024.

Sepuluh karya seni yang ditata secara apik oleh ISA Art and Design di Jakarta telah melewati kurasi dari seorang seniman yang juga dosen asal Irlandia, Mark Joyce.

Seperti dijelaskan Enquiries & Assistant Project Manager ISA Art Gallery, Ningtyas Benita, keterlibatan Mark Joyce menambah kedalaman makna pameran, menumbuhkan dialog harmonis antara nuansa budaya Irlandia dan Indonesia.

Lima seniman muda Irlandia yaitu Patryk Gizicki, Katerina Gribkoff,
Ethan McGarry, Asha Murray, dan Jan O’Connell berhasil mengeksplorasi pertanyaan
seputar lingkungan, globalisasi, kesenjangan sosial, dan perubahan teknologi yang
cepat dalam karyanya.

Para seniman muda itu mengeksplorasi gagasan seni visual dengan ‘mata’ kritis
dunia di sekitar mereka, menggunakan pendekatan lintas disiplin untuk menciptakan
karya yang resonan, dengan kompleksitas masyarakat global kita yang saling
terhubung namun terpolarisasi.

“Irlandia yang saat ini tengah mengalami pergeseran generasi yang pesat, seniman mudanya sedang merekonstruksi tradisi budaya dan ekspresi khas pulau
tersebut dalam bentuk baru. Karyanya disajikan dalam bentuk musik, tari, seni, sastra dan film,” ujar Benita.

Dalam perjalanan transformasional itu, lanjut Benita, kelima seniman bisa menjadi contoh nyata perkembangan kebudayaan melalui narasi
kekaryaan.

“Evolusi dalam lanskap seni dan budaya ini tidak saja unik bagi Irlandia, tetapi juga menjadi fenomena global. Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia sedang menghadapi perubahan dalam demografi, urbanisasi, kemajuan teknologi, dan sikap budaya yang terus berkembang,” ujarnya.

Kelima seniman muda yang karyanya dipamerkan merupakan lulusan baru dari sekolah seni Irlandia, termasuk Universitas Teknologi Dublin; Sekolah Seni Belfast; Sekolah Seni dan Desain Limerick; Sekolah Seni dan
Desain Nasional; dan The Burren College of Art. (Tri Wahyuni)

Related posts