Suara Karya

APP Group Serahkan Bantuan Kendaraan Patroli ke BKSDA Kaltim

JAKARTA (Suara Karya): APP Group melalui anak usahanya PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia menyerahkan bantuan 1 unit mobil patroli kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu merupakan komitmen APP Group guna mendukung Pemerintah untuk penguatan fungsi pengelolaan kawasan konservasi di Kawasan Cagar Alam Muara Kaman Sedulang dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati di wilayah yurisdiksi BKSDA Kaltim.

Bantuan kendaraan tersebut diserahkan oleh Head of Landscape Conservation & Environment APP Group, Jasmine Natalia Prihartini Doloksaribu kepada Kepala BKSDA Kaltim M Ari Wibawanto, di Samarinda, Selasa (6/2/24).

Kepala BKSDA Kaltim, M Ari Wibawanto memberi apresiasi kepada APP Group atas komitmen dan kepeduliannya sebagai mitra kerja BKSDA Kaltim. Komitmen itu dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Kerjasama Penguatan Kawasan Konservasi antara BKSDA Kaltim dan APP, yang berlaku selama 3 tahun.

Bantuan satu unit kendaraan patroli itu diharapkan dapat menambah kekuatan armada patroli BKSDA Kaltim di wilayah yurisdiksi BKSDA di Kaltim.

Ari Wibawanto menambahkan, dukungan lain diberikan dalam beberapa implementasi kegiatan, antara lain penguatan kelembagaan, patroli perlindungan pengamanan kawasan, pengawetan satwa liar yang dilindungi, dan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi di sekitar konservasi.

Kegiatan itu merupakan tindaklanjut dari penandatangan Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Penguatan Fungsi Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya antara APP Group bersama Ditjen KSDAE-KLHK yang ditandatangani pada Desember 2022.

Penguatan itu dilakukan di 5 UPT yaitu BBKSDA Riau, BKSDA Jambi, BKSDA Sumatera Selatan, BKSDA Kalimantan Timur dan Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang untuk jangka waktu 3 tahun.

Sementara itu, Head of Conservation & Environmental, Jasmine Doloksaribu mengatakan, dukungan kendaraan itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kepedulian APP Group bersama unit usaha dan mitra pemasoknya di Kalimantan Timur.

“APP Group bersama unit usaha dan mitra pemasok kayu di Kalimantan Timur ikut mendukung berbagai program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui BKSDA Kaltim sebagai salah satu UPT lingkup KSDAE di Kaltim,” ucap Jasmine.

Di tempat terpisah, Chief Sustainability Officer APP Group, Elim Sritaba menerangkan, program kolaborasi dalam penguatan kawasan konservasi dan pelestarian konservasi kehati serta habitatnya merupakan bagian dari Corporate Biodiversity Responsibility.

“Program tersebut merupakan bentuk komitmen bersama ikut serta memberi sumbangsih kepada alam,” ujarnya.

APP Group berkomitmen ikut melindungi kehati di lokasi operasional melalui prinsip koeksistensi dan berupaya menjadi konsesi PBPH-HT yang ramah dengan konservasi satwa liar dan kehati dengan menyediakan koridor kehidupan liar dan menjalankan berbagai upaya mitigasi, perlindungan, dan peningkatan kapasitas termasuk kerja sama dengan para pemangku kepentingan.

“Kegiatan itu sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 APP, serta komitmen perusahaan untuk berperan aktif dalam program perlindungan dan pengamanan kawasan, dan konservasi keanekaragaman hayati pada skala lansekap melalui pola manajemen kolaboratif,” ucap Elim Sritaba. (Tri Wahyuni)

Related posts