Suara Karya

ASPIKOM Jabodetabek Gelar Bedah Buku Guru Besar Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana

JAKARTA (Suara Karya): Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Jabodetabek mengadakan kegiatan bedah buku karya Guru Besar Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. berjudul “Absurditas Komunikasi: Membumikan Konsep dan Teori Komunikasi Secara Populer.” Acara ini dilaksanakan pada Selasa (28/02) secara daring melalui Zoom Meeting.

Gubernur Jawa Barat, Dr. (HC) Ridwan Kamil, ST, MUD dan Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno hadir sebagai keynote speaker. Selain itu, acara ini mengadirkan narasumber Prof. Deddy Mulyana (Penulis dan Guru Besar Fikom Unpad), Dr. Gun Gun Heryanto (Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah), Anna Agustina, Ph.D (Sekjen ASPIKOM Pusat dan Dekan Universitas Pancasila), Dr. Siti Karlinah (Dosen FIKOM Unpad) dan dimoderatori oleh Dr. Geofakta Razali.

Acara ini bertujuan untuk menginformasikan kehadiran buku “Absurditas Komunikasi: Membumikan Konsep dan Teori Komunikasi Secara Populer” sebagai bahan bacaan utama bagi para pemerhati bidang komunikasi di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat, terutama para akademisi untuk membaca dan menyimak buku tersebut untuk pengembangan wawasan dan aplikasinya di bidang Ilmu Komunikasi.

“Makna sesuatu seperti kata, objek, peristiwa dari perspektif yang saya gunakan dalam buku ini pada dasarnya bersifat penafsiran. Jadi, Makna suatu kata pada dasarnya tidak pernah bersifat tunggal melainkan selalu jamak, situasional dan dinamis. Apalagi kalau kita memperhitungkan budaya-budaya yang berbeda. Kata yang sama boleh jadi dimaknai secara berbeda oleh budaya yang bersangkutan. Banyak orang-orang yang belum memahami ini, dan itu yang membuat komunikasi mereka menjadi absurd,” jelas Prof Deddy.

Melalui buku ini, Prof Deddy Mulyana menyusun bahan bacaan yang ringan namun bermutu untuk para insan komunikasi. Buku ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi siapa saja dan dapat mendorong pengembangan bahan kajian komunikasi yang aplikatif. Buku ini juga bermanfaat dalam memberikan kontribusi yang cukup besar dalam dunia bidang Ilmu Komunikasi di Indonesia.

Acara bedah buku “Absurditas Komunikasi: Membumikan Konsep dan Teori Komunikasi Secara Populer” tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi, melainkan dari masyarakat dengan berbagai latar belakang. ASPIKOM Jabodetabek selaku penyelenggara acara berharap kedepannya semakin banyak literatur di bidang Ilmu Komunikasi yang lahir dari pemikiran para akademisi di Indonesia. (Pram) 

Related posts