Suara Karya

DPR Dorong Penguatan Peran BPPTKG

JAKARTA (Suara Karya): Komisi VII mendorong penguatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam mengantisipasi kewaspadaan bencana terutama yang diakibatkan oleh gunung api, penguatan itu diantaranya penambahan anggaran dan penguatan peralatan.

Saat kunjungan kerja spesifik ke Yogyakarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII Ridwan Hisjam, Komisi VII mengapresiasi kinerja BPPTKG dalam mengantisipasi peringatan bencana gunung api. Namun peran besar BPPTKG ini kurang terlihat dalam pemberitaan di media. “Kita apresiasi kinerja BPPTKG, kita juga mendorong BPPTKG untuk dilakukan penguatan baik dari segi anggaran dan juga peralatan,” ujar Ridwan, Rabu, (6/2/2018).

Diketahui, BPPTKG ini hanya ada satu di Indonesia yang berada di Yogyakarta dan ini konsen untuk memantau pergerakan situasi gunung Merapi. Seharusnya lembaga ini berada di masing-masing provinsi untuk memantau perkembangan gunung api. Hingga ke depan ini perlu diperkuat.

“Saya menyoroti kurangnya keberadaan BPPTKG di masing-masing provinsi ini tidak sebanding dengan jumlah gunung api yang ada di Indonesia. Ke depan kita dorong ini untuk diperkuat,” katanya.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah kekuatan rekomendasi yang diberikan BPPTKG masih belum dijalankan dengan baik. Pada tahun 2009 misalnya, BPPTKG telah memberikan rekomendasi bahaya di daerah Palu dan pesisir selatan Sunda akan potensi bencana tsunami sehingga diimbau untuk tidak membangun hotel dan bangunan tinggi lainnya.

Tapi rekomendasi ini tidak tidak dijalankan oleh pemerintah daerah setempat. Dan akhirnya bencana terjadi. “Ke depan saya kira rekomendasi dari BPPTKG itu perlu diperkuat dan dijalankan secara hukum oleh pemerintah daerah karena ini menyangkut kehidupan masyarakat banyak,” ungkap Ridwan. Turut serta dalam kunjungan ini sejumlah anggota Komisi VII diantaranya Abdul Kadir Karding, Gandung Pardiman, Agus Sulistiyono, dan Kurtubi. (Gan)

Related posts