JAKARTA (Suara Karya): Survei nasional media yang digelar Nielsen Audience Measurement sepanjang Juli-Agustus 2024 menunjukkan, radio masih menjadi sumber informasi saat Pemilu setelah televisi (TV).
Survey yang melibatkan 2553 responden mengungkap, 80,8 persen publik di Indonesia mencari informasi melalui TV, diikuti radio 62,8 persen, media sosial 47,6 persen, koran 7,2 persen, website 6,1 persen, aplikasi 6,0 persen dan majalah 1,4 persen.
Dari publik yang menjadikan radio sebagai sumber informasi pemilu, sebanyak 79.6 persen dari mereka, mendengarkan informasi Pemilu melalui Radio Republik Indonesia (RRI).
Disebutkan, sejumlah alasan publik menjadikan RRI sebagai media informasi Pemilu. Responden mendengarkan RRI karena ingin mengetahui berita ter-update (62,8 persen), siarannya informatif (40 persen), dan acaranya menarik (36,6 persen).
Sebanyak 92 persen responden menilai RRI berhasil membawakan suara pemilu secara adil, dengan pertanyaan menurut anda, apakah sajian berita seputar Pemilu yang disiarkan RRI sudah adil untuk semua kandidat Pemilu?
Survei Nielsen Audience Measurement juga memotret kepuasan pendengar siaran Pemilu RRI. Lebih dari 90 persen pendengar suara Pemilu RRI memberi nilai positif RRI dalam menyajikan informasi Pemilu.
Tingkat kependengaran RRI di Maluku dan Papua cukup tinggi. Bahkan persentase pengakses informasi pemilu di wilayah Maluku dan Papua mencapai 88,3 persen dari populasi pendengar radio. Selain Papua dan Maluku, Sulawesi tak kalah tinggi.
Ditambahkan, 89.5 persen dari populasi pendengar radio terkait informasi tentang pemilu adalah pendengar RRI.
Tingginya pencapaian persentase itu membuktikan masih tingginya kepercayaan publik terhadap RRI sebagai sumber informasi di wilayah Indonesia Timur.
Pelaksanan kontestasi Pilkada 2024 akan berlangsung pada 27 November 2024. Pilkada 2024 ini untuk memilih gubernur, wali kota, bupati beserta wakilnya. Pemilihan berlangsung secara serentak di sejumlah daerah di Indonesia.
Atas hasil survei tersebut, Dirut RRI Hendrasmo menyatakan, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja stasiun RRI di seluruh Indonesia. Terlebih sebentar lagi akan ada hajatan Pilkada serentak secara nasional.
“Kami siap menjadi media yang dipercayai publik untuk menyuarakan Pilkada 2024 di seluruh Indonesia. Sehingga Pilkada berlangsung secara berkualitas dan demokratis,” kata Hendrasmo.
Hingga kini RRI memiliki 133 stasiun di seluruh nusantara. Selain bersiaran, mereka juga menghadirkan kontennya di berita online RRI News dan platform digital lainnya. (Tri Wahyuni)