Suara Karya

Mantan Jubir Satgas Covid-19 Tutup Usia, Menko PMK Berbagi Kenangan!

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Achmad Yurianto. Mantan juru bicara Satgas Covid-19 itu tutup usia pada Sabtu (21/5/22) malam.

Dalam sebuah kesempatan di Malang, Minggu (22/5/22) pagi, Muhadjir membagi kenangannya bersama Achmad Yurianto semasa hidupnya. Mengenal almarhum saat menjabat sebagai Juru Bicara Satgas Covid-19 hingga jabatan terakhir sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Muhadjir mengaku sangat dekat dengan sosok dokter yang cerdas, tegas dan pekerja keras itu, karena urusan pekerjaan yang sebagian besar berada di bawah koordinasi Kemenko PMK.

Almarhum Achmad Yurianto juga dikenal lugas dalam menyampaikan pandangan-pandangannya. Karena itu, Muhadjir mengaku tak heran jika ia dipilih sebagai Juru Bicara Satgas Covid-19.

“Almarhum memiliki background akademik yang bagus. Karena jiwa militernya, ia menjadi pribadi yang tegas. Saat menyampaikan pandangannya juga tangkas, karena itu tak salah jika ia ditunjuk sebagai Jubir Covid-19,” tuturnya.

Muhadjir menceritakan pertemuan terakhirnya dengan almarhum Achmad Yurianto, yakni pada acara peluncuran Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kantor Kemenko PMK pada akhir Februari silam.

Muhadjir mengaku kehilangan almarhum Achmad Yurianto. Karena ia selalu ceria dan tidak menunjukkan adanya penyakit yang parah.

“Saya benar-benar kehilangan. Almarhum adalah sosok pekerja keras. Saya tidak tahu kalau beliau mengidap penyakit, karena tidak terlihat tanda-tanda itu. Ia selalu terlihat riang, gembira dan segar,” ujarnya.

Sebagai informasi, Achmad Yurianto meninggal dunia sekitar pukul 18.50 WIB di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, pada Sabtu, 21 Mei 2022. Mendiang Achmad Yurianto sempat menjalani perawatan lantaran terkena kanker usus.

Rencananya jenazah Achmad Yurianto akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Minggu, 22 Mei 2022 sekitar pukul 08.00 WIB. (Tri Wahyuni)

Related posts