Suara Karya

Rayakan Keberagaman Budaya, Oreo Luncurkan Kemasan Khusus Bercorak Wastra

JAKARTA (Suara Karya): Oreo, brand unggulan dari Mondelez Indonesia meluncurkan kemasan khusus bercorak kain tradisional Indonesia yang menjadi warisan nusantara (wastra). Coraknya mewakili 4 wilayah di Indonesia, yaitu Cirebon, Palembang, Makassar dan Bali.

Lewat kemasan khusus tersebut, Oreo mengajak setiap orang untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen seru bersama Oreo.

“Sambil makan Oreo, anak bisa belajar keindahan wastra kita,” kata Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari dalam peluncuran Orea kemasan khusus bercorak wastra secara daring, Selasa (15/10/24).

Corak kain tradisional Indonesia pada kemasan Oreo akan semakin dikenali dunia, karena Oreo yang diproduksi di Cikarang itu dijual hingga 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah dan termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru.

“Oreo kemasan wastra ini adalah sebuah persembahan dari Indonesia, dibuat oleh orang Indonesia, tetapi bisa dinikmati orang Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan Mondelez Indonesia itu mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam sambutan pembukanya, Sandiaga mengajak masyarakat untuk ikut merayakan keberagaman budaya Indonesia, khususnya kain batik yang telah diakui UNESCO sejak 2009.

“Kami berharap inisiatif ini bisa memberi dampak positif bagi masyarakat, terutama generasi muda, agar memiliki kebanggaan dan tergerak untuk ikut melestarikan dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia,” tuturnya.

Dengan melestarikan batik, lanjut Sandiaga, kita ikut menjaga kearifan lokal yang menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, Dian Ramadianti menjelaskan, kemasan Oreo bercorak wastra mewakili 4 wilayah di Indonesia, yakni Batik Mega Mendung dari Cirebon pada Oreo varian rasa original.

Selain itu, ada Kain Songket dari Palembang pada Oreo varian rasa Strawberry, Tenun Sengkang dari Makassar pada Oreo varian rasa Blueberry dan Tenun Endek dari Bali pada Oreo varian rasa Coklat.

Guna menciptakan dukungan yang lebih luas terhadap pelestarian kain tradisional, Oreo menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Oreo Berbagi yang langsung menyentuh ribuan pengrajin dan pengusaha batik di Cirebon yang terkenal dengan corak Mega Mendung.

“Berbagai bantuan dan pelatihan telah disiapkan guna mendukung produktivitas pengrajin maupun pengusaha Batik, mulai dari pengadaan alat membatik, pengolahan limbah hingga peralatan praktik membatik di sekolah. Diharapkan upaya itu mendorong regenerasi pengrajin Batik dari kalangan generasi muda,” ujar Dian.

Untuk menjelajah kekayaan tradisi dan budaya Indonesia lebih jauh, khususnya batik, Oreo menggandeng perancang busana ternama Indonesia, Era Soekamto.

Era menyebut batik dan wastra Indonesia merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang akan keragaman budaya Indonesia.

“Dalam wastra Nusantara, setiap motifnya tersimpan kelestarian dan kesadaran atas nilai-nilai luhur budaya yang bisa menyatukan Indonesia. Saya harap Oreo edisi spesial ini bisa menjadi daya tarik untuk merayakan keberagaman, sekaligus memperkuat rasa kepemilikan akan warisan budaya Indonesia,” ucapnya.

Hal senada disampaikan kain tradisional enthusiast, Nadine Chandrawinata. Menurutnya, edisi spesial OREO bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk menumbuhkan kebanggaan akan warisan budaya mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

“Bagi saya Oreo edisi spesial ini merupakan kombinasi lengkap yang bisa membuat berbagai momen seru keluarga menjadi lebih bermakna,” katanya.

Ditambahkan, sambil membangun kedekatan keluarga, kita bisa mengajak anak ataupun anggota keluarga lainnya untuk mulai mengenal warisan budaya Indonesia seperti batik. Apalagi anak-anak sudah akrab dengan ragam dan keseruan yang dihadirkan Oreo.

Melengkapi momen keseruan bersama Oreo Batik, Oreo telah menyiapkan berbagai program ‘customer promotion’ bagi konsumen yakni merchandise eksklusif dari Era Soekamto.

Cara mendapatkan hadiah tersebut cukup mudah, yaitu cukup membeli produk Oreo edisi spesial kemasan bercorak wastra, pindai barcode atau masuk ke dalam bit.ly/OREOBATIK dan ikuti petunjuknya.

Oreo juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi desain kain Batik digital yang diunggah melalui akun instagram.

Nantinya, desain Batik digital ini akan dipilih tim Oreo bersama Era Soekamto menjadi lima desain terbaik. Pemenang berkesempatan untuk dipakai oleh influencer dalam kegiatan dan diunggah dalam media sosial influencers.

Saat ini edisi spesial Oreo Batik telah tersedia di pasar Indonesia. (Tri Wahyuni)

Related posts