Suara Karya

Sasar 500 Ribu Anak Indonesia, BlueBand Kampanyekan Pentingnya Sarapan

JAKARTA (Suara Karya): PT Upfield Consulting Indonesia, produsen dari merek margarine, BlueBand mengkampanyekan pentingnya sarapan lezat bernutrisi untuk tumbuh kembang anak. Program tersebut menyasar 500 ribu anak di Indonesia.

“Melalui Program ‘Sarapan Lezat Bernutrisi’, kami ingin mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untuk menyediakan sarapan dengan gizi seimbang secara konsisten, agar anak tumbuh kembang secara optimal,” kata Presiden Direktur PT Upfield Consulting Indonesia Dicky Saelan di Jakarta, Senin (26/2/24).

Ditambahkan, program dijalankan mulai Januari hingga Desember 2024. Program diharapkan dapat mendorong berbagai perubahan positif di masa depan, termasuk masalah gizi di Indonesia.

Kebutuhan akan sarapan menjadi penting bagi anak merujuk pada
hasil studi Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) yang menyebut 60 persen anak Indonesia tidak sarapan sebelum berangkat sekolah.

Sementara data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan 2020 menunjukkan, 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan belum terpenuhi asupan vitamin dan mineralnya.

Menyikapi fakta itu, ahli gizi dari Gizi Nusantara, Esti Nurwanti mengatakan, data tersebut harus mendapat perhatian bersama. Apalagi ada data menunjukkan 8 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan asupan Omega 3.

“Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk membiasakan sarapan. Karena masih banyak anak Indonesia ke sekolah tanpa sarapan,” ujarnya.

Untuk itu, Presiden Direktur PT Upfield Consulting Indonesia Dicky Saelan berharap, produk terbarunya, yakni BlueBand Kuliner bisa menjadi solusi praktis bagi ibu dalam menyajikan sarapan lezat bernutrisi untuk anak-anaknya.

“Apalagi di usia sekolah, anak perlu asupan yang padat gizi, terutama pemenuhan kebutuhan akan omega 3 dan 6. Lemak esensial itu memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta menekan depresi dan kecemasan,” tuturnya.

Hal senada dikemukakan Esti. Katanya, asupan lemak esensial juga membantu anak menjaga daya visual, yang penting dalam proses belajar di sekolah. “Karena itu, penting untuk memastikan anak mendapat sarapan yang kaya akan zat gizi untuk mendukung prestasi akademik mereka,” kata Esti.

Program ‘Sarapan Lezat Bernutrisi’ yang digulirkan BlueBand dilakukan secara hibrida, yaitu daring dan luring dengan mengunjungi berbagai sekolah di Indonesia, serta membagikan booklet inspirasi menu 21 hari sarapan berisi yang dilengkapi dengan bantuan materi edukasi seperti komik dan permainan.

Diharapkan anak pun bisa mendapat pengetahuan tentang makanan bergizi dan pentingnya sarapan setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

Kesuksesan program itu, seperti disampaikan Dicky Saelan, tak luput dari dukungan para ibu sebagai manajer rumah tangga yang mengatur pola konsumsi harian anak di rumah. Namun, tidak dapat dipungkiri, banyak hal untuk dipikirkan dan disiapkan setiap harinya.

Hasil penelitian dari Telegraph mengungkap rata-rata setiap pagi seorang Ibu memikirkan 26 hal acak termasuk sarapan dan hal lainnya.

Marketing Director PT Upfield Consulting Indonesia, Ade Savitri mengatakan,BlueBand Kuliner hadir dengan 2 varian rasa menarik yaitu Ayam Bawang dan Sapi BBQ.

BlueBand kuliner cocok digunakan untuk memasak berbagai macam masakan yang pastinya disukai anak, seperti mie goreng, nasi goreng, tumis daging dan tumis sayur dengan rasa enak dan gurih.

Produk itu juga dilengkapi dengan banyak nutrisi seperti Omega 3 dan 6, serta 6 vitamin lainnya, dan bisa menambah cita rasa dan aroma masakan.

Alfamart sebagai mitra strategis dalam pendistribusian BlueBand menyambut baik program ini. “Kami mendukung niat baik BlueBand dalam membangun kesadaran ibu akan pentingnya sarapan sehat dan lezat bagi anak-anaknya,” kata Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin.

Alfamart berkomitmen untuk memastikan ketersediaan BlueBand Kuliner di tiap tokonya hingga pelosok Indonesia. (Tri Wahyuni)

Related posts