UPI Siap Gelar KKN Tematik Pencegahan Covid-19

0
Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI, Yadi Ruyadi. (Suarakarya.co.id/ist)

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan menggelar kuliah kerja nyata (KKN) tematik yang disesuaikan dengan kondisi pandemi corona virus disease (covid-19). Lewat kegiatan itu diharapkan mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam pencegahan penularan covid-19 di masyarakat.

“Lokasi KKN ada di lingkungan tempat tinggal mahasiswa masing-masing. Jadi, tidak berkumpul di satu daerah seperti biasanya,” kata Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPI, Yadi Ruyadi dalam siaran pers, Rabu (29/4/20).

Yadi menyebutkan sejumlah opsi yang ditawarkan kepada mahasiswa peserta KKN, antara lain kegiatan pendataan penduduk, peningkatan pemahaman masyarakat terkait covid-19, pembuatan media edukasi covid-19, perancangan aplikasi anti covid-19 dan pembuatan alat pelindung diri.

Kegiatan lain yang bisa lakukan mahasiswa berupa sosialisasi pencegahan covid-19, pembentukan komunitas relawan covid-19, advokasi kepada komunitas relawan, peningkatan kerja sama komunitas dan publikasi KKN tematik melalui media massa.

“Program KKN tematik ini tetap harus mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku guna meminimalisir terjadinya risiko penularan covid-19 ke mahasiswa itu sendiri,” tuturnya.

Ditambahkan, pendaftaran KKN Tematik Pencegahan Covid-19 sudah dibuka sejak 27 April hingga 3 Mei 2020. Diharapkan banyak mahasiswa UPI yang tertarik dengan kegiatan KKN tematik tersebut. (Tri Wahyuni)