Amien Rais Dikabarkan Bentuk Partai Baru

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Amien Rais dikabarkan tengah bersiap mendirikan partai baru. Jika kabar itu benar dan partai baru telah didirikan, maka sama saja dia meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan, setiap warga negara Indonesia dijamin oleh Konstitusi atas hak politik dan hak untuk kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan berkumpul.

“Jika Pak Amien Rais, seperti yang diberitakan media merencanakan akan membentuk partai politik baru, itu adalah hak politik Pak Amien Rais yang dijamin Undang-undang,” katanya kepada wartawan, Kamis (7/5/2020).

Namun demikian diingatkan Viva, jika partai baru nantinya terbentuk, maka sama saja Amien Rais telah meninggalkan PAN. Sekalipun Amien merupakan salah seorang pendiri partai berlambang matahari itu.

“Jika nantinya terwujud partai politik baru yang didirikan Pak Amien, maka dapat dikatakan Pak Amien Rais meninggalkan PAN, partai yang beliau dirikan. Pak Amien Rais adalah salah satu pendiri PAN, di samping pendiri lainnya, yaitu Amien Azis, AM Fatwa, Gunawan Muhammad, Toety Herawaty, Albert Hasibuan, Sindhunata, Faisal Basri, Putrajaya Husein, dan lainnya,” jelasnya. (Pramuji)