Suara Karya

Dharma Jaya Jamin Distribusi Pangan Murah KJP Tepat Sasaran

(Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Perumda Dharma Jaya menjamin pendistribusian subsidi pangan murah berjalan aman, lancar dan tepat sasaran. Alasannya, mereka mengklaim telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean.

“Untuk masyarakat penerima manfaat subsidi pangan murah melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP), kami menjamin kecukupan ketersediaan barang dan pendistribusian yang tepat sasaran. Jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, agar melakukan pengambilan pangan murah sesuai prosedur,” kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman melalui keterangan tertulisnya, Selasa (10/10/2023).

Dikatakan Raditya, adapun prosedur yang dimaksud adalah untuk mencegah penumpukan antrean di lokasi pengambilan pangan murah. Karena nya, masyarakat penerima manfaat harus mengambil nomor antrean sehari sebelum kegiatan pendistribusian. 

Dengan begitu, dia memastikan bahwa masyarakat tidak harus mengantre saat pengambilan subsidi pangan murah, karena mereka bisa datang dengan perkiraan waktu sesuai nomor antrean. “Jumlah masyarakat penerima manfaat juga kami batasi, yakni sebanyak 300 orang per hari,” ujarnya.

Menurutnya, Dharma Jaya sudah mengantisipasi terjadinya antrean saat pengambilan pangan murah bersubsidi, yaitu dengan pengambilan nomor antrean sehari sebelumnya. Jadi saat pengambilan daging sudah tidak mengantri, masyarakat sudah bergiliran datang sesuai nomor antrean. 

Untuk pembatasan kuota kata Raditya, bukan karena tidak ada stok barang, tetapi lebih kepada ketertiban. Bayangkan kalau dalam sehari ada 1.000 orang datang, pasti sangat ramai. Jadi kita batasi 300 orang per hari saja,” katanya.

Kebijakan lain yang diterapkan adalah, dengan melibatkan petugas dari internal. Dharma Jaya  juga melibatkan aparat penegak hukum dalam kegiatan pendistribusian pangan murah bersubsidi di setiap lokasi yang telah ditentukan.

Adapun lokasi pendistribusian pangan murah bersubsidi yang dilakukan Perumda Dharma Jaya ada di kawasan Cakung, Kapuk dan Pulogadung. “Kita selalu mengikutsertakan petugas-petugas dari internal Dharma Jaya sendiri. Mereka bertugas didampingi aparat penegak hukum seperti TNI dan Polri dalam setiap kegiatan pembagian. Ini kita lakukan agar kegiatan berjalan dengan tertib dan aman. Sehingga masyarakat pun bisa tenang dan senang saat menerima subsidi pangan murah tersebut,” ujar Raditya.

Tidak hanya itu kata Raditya, selama masyarakat menunggu, pihaknya menyediakan tenda di lokasi pendistribusian, agar mereka tidak kepanasan. Tak lupa menyediakan air mineral bagi masyarakat yang membutuhkan air minum. Namun, dengan sistem pengambilan nomor antrean sehari sebelum waktu pendistribusian, membuat masyarakat tidak terlalu menunggu sehingga tidak terjadi penumpukan antrean.

Dengan diterapkannya sejumlah aturan tersebut, Raditya optimis pendistribusian pangan murah bersubsidi dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan tepat sasaran. Ia menegaskan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan pungutan liar (pungli) antrean subsidi pangan murah. (Boy)

 

Related posts