Suara Karya

Kemdikbudristek Beri Penghargaan kepada LKP Berprestasi

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberi penghargaan kepada para pihak yang telah membangun ekosistem kursus dan pelatihan.

“Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kini memiliki kiprah yang tidak bisa dipandang sebelah mata,” kata Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti saat membuka Malam Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi 2023, di Jakarta, Jumat (22/12/23) malam.

Menurut Suharti, LKP tak hanya membantu penduduk yang tidak mengenyam pendidikan formal, tetapi juga menyediakan layanan bagi mereka yang sedang mengikuti pendidikan serta membutuhkan kompetensi tambahan.

“Bahkan, peserta kursus dan pelatihan kini difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana dengan sertifikat RPL (rekognisi pembelajaran lampau),” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati. Ia menilai, keberhasilan penyelenggaraan kursus dan pelatihan selama ini tak lepas dari partisipasi berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan juga mitra industri.

“Berbagai karya dari peserta didik kursus dan pelatihan dalam acara ini merupakan bukti nyata dampak dari program kursus dan pelatihan yang menyentuh langsung ke masyarakat,” ucap Kiki.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Kursus dan Pelatihan, Kemdikbudristek, Wartanto mengatakan, pihaknya memberi penghargaan untuk 27 kategori.

Para penerima penghargaan merupakan LKP yang dinilai kreatif dan inovatif dalam menjalankan program kursus dan pelatihan dalam satu tahun terakhir.

“Penghargaan ini untuk memotivasi LKP berprestasi agar terus berkinerja baik secara berkesinambungan,” tuturnya.

Selain kepada LKP, Wartanto juga mengapresiasi organisasi mitra kursus dan pelatihan atas peran sertanya dalam mendukung program dan kebijakan Direktorat Kursus dan Pelatihan.

Direktorat Kursus dan Pelatihan juga memberi penghargaan kepada Pemerintah Daerah Pemberi Kontribusi bagi Perkembangan Kursus dan Pelatihan 2023, termasuk kepada media yang selama ini aktif memberitakan praktik baik kursus dan pelatihan tahun 2023.

Malam Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi 2023 berlangsung dengan meriah. Para peserta yang berbakat menampilkan talenta mereka dalam berbagai pertunjukan yang menghibur, termasuk tarian, musik, dan drama teatrikal.

Pertunjukan ini dibawakan oleh alumni LKP yang telah sukses di bidang mereka. (Tri Wahyuni)

Related posts