Moeldoko Terpilih jadi Ketua Ikatan Alumni UT Periode 2019-2024

0

JAKARTA (Suara Karya): Jenderal TNI (Purn) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT) periode 2019-2024. Kepala Staf Kepresidenan itu resmi menggantikan posisi Ketua IKA-UT sebelumnya, Linda Agum Gumelar.

Moeldoko usai pelantikannya sebagai Ketua IKA-UT di kampus UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (25/11/19) mengaku bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar UT. Karena selain berstatus perguruan tinggi negeri (PTN), UT adalah kampus dengan mahasiswa terbesar di Indonesia.

“Menurut informasi, jumlah mahasiswa UT yang aktif mencapai 350 ribu orang. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak itu, UT boleh dibilang sudah masuk Top 10 Mega University of The World,” tuturnya.

Ia menyebut model perkuliahan semacam UT bukan hal asing di luar negeri. Bahkan, open university seperti UT cocok dikembangkan di era digital saat ini, yang mana sumber belajar tak harus dari ruang kelas.

“Saat ini harusnya jadi momentum bagi UT untuk tampil sebagai pelopor digital campus. Ketika orang-orang tidak lagi pergi ke kantor untuk bekerja, kenapa harus pergi ke kampus untuk belajar. Jika konsep ini difahami milenial, maka UT akan jadi pilihan utama,” tuturnya.

Karena itu, Moeldoko menambahkan, penting bagi UT untuk melakukan “benchmarking” ke sejumlah negara yang menerapkan open university. Karena masing-masing negara punya gaya atas kurikulumnya sendiri.

“Kita bisa belajar dari mereka, bagaimana memahami maunya pasar. Pendekatan baru apa yang harus dilakukan kampus dan penerapan kurikulum yang adaptif. Persiapan perlu dilakukan agar saat open university jadi trend dunia, Indonesia sudah berada di jalur yang benar,” katanya.

Moeldoko mengakui bukan hal mudah mengembangkan UT menjadi kampus pilihan milenial, jika kualitas internet di Indonesia masih belum merata. Kondisi ini akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo, tentu saja lewat jalur khusus sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

“Saya ingin IKA-UT bisa menjadi “jembatan” yang jadi penghubung antara rektorat dengan alumni atau rektorat dengan pemerintahan. Ini saya lakukan karena sebenarnya UT itu punya pasar yang besar dan luas,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UT, Ojat Darojat mengucapkan terima kasih atas masa bakti Linda Gumelar sebagai ketua IKA-U sebelumnya. Upaya yang dilakukan Linda dalam 5 tahun terakhir memberi kontribusi yang luar biasa pada perkembangan UT.

Hadirnya sosok Moeldoko sebagai Ketua IKA-UT 2019-2024 menurut Ojat, dapat menempatkan UT pada posisi strategis di masa depan. Apalagi saat ini ada sekitar 1,7 juta alumni UT di seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Alumni UT merupakan modal sosial untuk kampus dan bangsa Indonesia di era siber seperti saat ini,” kata Ojat menandaskan. (Tri Wahyuni)