PTK Tanam 1000 Mangrove di Pulau Barrang Caddi

0
Warga Makassar menanam manggrove di Pulau Barrang Caddi , Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) memberikan bantuan 1.000 bibit mangrove rhizopora stylosa dan rhizopora mucranata untuk kemudian ditanam di Pulau Barrang Caddi Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar, Sabtu (22/10/2022).

Manager Relatios PTK Ario Fajariawan mengatakan, bantu itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan.

Dikatakan Ario, acara di awali penyerahan bantuan simbolis bibit kepada Lurah Barrang Caddi, Hamzah. Kegiatan dilanjutkan dengan proses penanaman bibit mangrove di wilayah Barat pinggir pantai Pulau Barrang Caddi, dengan melibatkan kurang lebih 150 warga pulau yang turut hadir dan berpartisipasi secara langsung menanam di lahan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar Azhar Anwar mengatakan, dengan adanya program “Aksi Tanam 1.000 Mangrove” sebagai program ketiga di pulau Barrang Caddi ini menunjukkan komitmen  PTK terhadap kepedulian lingkungan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di sekitar.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Makassar Safarudin mengatakan mangrove tidak hanya menjaga pantai dari abrasi laut, namun juga memiliki manfaat menjaga biota laut disekitarnya yang menguntungkan warga pulau.

“Jika lahan mangrove dikelola dengan baik, maka ekosistem mangrove juga memiliki potensi untuk menjadi ekowisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar” ujar Safarudin.

Dia berharap program aksi tanam mangrove ini memberikan dampak positif bagi warga pulau Barrang Caddi dan menjadi kegiatan yang terus berkelanjutan untuk masa yang akan datang. (Pramuji)