JAKARTA (Suara Karya): Merayakan ulang tahun ke-11, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) menggelar ‘Eleven Up Ultima Race 2025’, ajang jalan dan lari virtual yang menjadi salah satu kampanye gaya hidup sehat dari anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tersebut.
“BCA Life konsisten menggelar Ultima Race dalam 5 tahun terakhir. Karena itu, kami optimis BCA Life akan tumbuh menjadi perusahaan asuransi jiwa yang tak hanya memberi perlindungan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat,” kata Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, Eva Agrayani, di Jakarta, Minggu (13/7/25).
Eva dalam kesempatan itu didampingi Direktur & Chief Distribution Officer (CDO) BCA Life, Gunawan Prayogo; Direktur Kepatuhan BCA Life, Sukawati Lubis;
Direktur BCA, Frengky Chandra Kusuma; Chief Financial Officer (CFO) BCA Life, Sheila Jamila Natadiningrat; dan Direktur & Chief Operation Officer (COO) BCA Life, Yannes Chandra.
Eva menjelaskan, Ultima Race 2024 diikuti lebih dari 13.000 partisipan. Total jarak yang ditempuh mencapai jumlah 285.523 kilometer. Angka itu mencerminkan semakin tingginya antusias masyarakat atas pentingnya gaya hidup aktif dan sehat.
Eleven Up Ultima Race 2025 dilaksanakan sejak 13 Juli hingga 31 Juli mendatang. Kompetisi terbuka untuk umum, baik nasabah maupun non-nasabah.
“Dalam kompetisi ini, peserta ditantang untuk menuntaskan minimal 11 kilometer berjalan atau berlari, serta menyelesaikan satu workout challenge melalui aplikasi NOW by BCA Life atau GERAK,” ucapnya.
Tak hanya berfokus pada aspek olahraga, Eleven Up Ultima Race 2025 juga menggabungkan nilai sosial melalui mekanisme konversi jarak menjadi donasi. Setiap 11 kilometer yang diselesaikan peserta akan dikonversikan menjadi donasi senilai Rp11.000.
Donasi yang terkumpul, nantinya akan disalurkan ke yayasan Rumah Harapan Indonesia (RHI), sebuah rumah singgah untuk anak-anak usia dibawah 18 tahun, yang sedang menjalani pengobatan dengan penyakit berat tidak menular sebagai wujud nyata dari kampanye gaya hidup sehat ini.
“Pasien RHI umumnya berasal dari keluarga tidak mampu dari luar kota di Indonesia. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya menjadi ajang kebugaran, tetapi juga sarana kontribusi sosial yang berdampak,” ungkap Eva.
Peserta yang telah menyelesaikan total jarak dan tantangan olahraga tersebut berstatus ‘Finisher’. Mereka berkesempatan meraih hadiah, antara lain logam mulia, tablet, smartwatch, voucher belanja, jersey eksklusif, dan medali emas ekslusif yang tersedia bagi Top 111 leaderboard serta pemenang yang beruntung “Lucky Finisher”.
“Event Eleven Up Ultima Race 2025 ini bukan sekadar ajang olahraga, tetapi sebuah gerakan bersama untuk hidup lebih sehat dan peduli,” ucap Eva menegaskan.
Lewat tantangan yang menyenangkan dan donasi yang bermakna, Eva ingin menginspirasi masyarakat bahwa melangkah sejauh 11 kilometer bisa berdampak besar bagi sesama.
“Kami berharap inisiatif ini dapat terus tumbuh dan menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat Indonesia ke depan,” ujarnya.
Terkait bisnis, Eva menjelaskan, BCA Life mencatatkan kinerja bisnis yang tetap solid di tengah dinamika industri asuransi jiwa. Pada semester I 2025, pendapatan premi tercatat Rp1.01 triliun atau tumbuh sebesar 10,81 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu, klaim dan manfaat yang dibayar mengalami penurunan sebesar 42,08 persen menjadi Rp218,82 miliar. Hal itu mencerminkan pengelolaan risiko yang lebih efektif dan perbaikan profil portofolio.
Laba sebelum pajak tercatat Rp9,05 miliar atau mengalami penyesuaian seiring dengan langkah strategis yang diambil perusahaan dalam memperkuat fondasi bisnis jangka panjang.
“Meski terjadi perlambatan pada beberapa indikator, BCA Life tetap berada dalam jalur yang sehat dan bertanggung jawab secara finansial,” ucap Eva.
BCA Life juga mencatatkan cadangan teknis sebesar Rp3.02 triliun atau tumbuh 28,78 persen. Hal itu ikut didukung penguatan aset yang mencapai Rp4.06 triliun atau meningkat 25,32 persen dibanding semester I 2024, yang menggambarkan kesehatan keuangan dan kesiapan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang kepada pemegang polis.
“Perusahaan optimis, dengan strategi yang adaptif, fokus pada layanan nasabah, serta dukungan ekosistem BCA Group, kinerja di paruh kedua tahun ini akan terus menguat,” tuturnya.
BCA Life meyakini dapat menutup tahun 2025 dengan torehan positif seperti yang telah berhasil diraih dalam beberapa tahun terakhir.
Pertumbuhan positif itu menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan kepercayaan nasabah, serta memperluas jangkauan layanan perlindungan jiwa yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Eva menambahkan, momentum ulang tahun akan menjadi pengingat atas dedikasi seluruh insan perusahaan dalam membangun fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan, sekaligus dorongan untuk terus berinovasi menghadapi tantangan industri yang dinamis.
Sebagai bagian dari transformasi, BCA Life terus memperluas layanan perlindungan melalui kanal digital. Salah satu terobosan penting yang baru saja diluncurkan adalah blu Health Protection, produk asuransi kesehatan digital hasil kolaborasi strategis dengan blu by BCA Digital.
Produk itu menawarkan manfaat rawat inap harian dengan premi terjangkau mulai Rp150 ribuan per bulan dan proses pembelian yang sepenuhnya dilakukan secara digital melalui aplikasi blu.
Kolaborasi itu mencerminkan sinergi antar entitas dalam BCA Group untuk menghadirkan proteksi yang lebih mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup nasabah masa kini.
“Kami percaya, masa depan industri asuransi akan semakin terintegrasi dengan teknologi, nilai-nilai keberlanjutan, dan pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan generasi masa kini,” katanya. (Tri Wahyuni)