Suara Karya

Ir. Eka Putra Wirya Bangga, Tim Catur Indonesia Ukir Juara Umum di ASEAN University Games 2024

JAKARTA (Suara Karya): Pembina PB Percasi, Ir. Eka Putra Wirya langsung memberikan acungan jempol, tim catur Indonesia meraih juara umum dengan mengumpulkan 8 medali emas, 6 perak dan 1 perunggu di ASEAN University Games 2024 di Surabaya.

Tampil dalam multi event antar mahasiswa se ASEAN merupakan langkah cukup bagus bagi para atlet catur Indonesia. Sebagai olahraga asah otak, catur merupakan olahraga sangat tepat bagi para mahasiswa Indonesia untuk mengadu ketangkasan dan ilmu permainan di papan 64 petak.

“Saya sangat memberikan apresiasi pada para pecatur Indonesia menandingi lawan yang juga berstatus mahasiswa dari kawasan ASEAN. Dengan begitu, prestasi mahasiswa Indonesia dibidang catur cukup disegani lawan ditingkat internasional, ” tegas Eka Putra Wirya di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Eka Putra Wirya yang juga pendiri Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) mengatakan, ASEAN University Games 2024 yang digelar di Surabaya 25 Juni hingga 1 Juli 2024 merupakan jenjang peningkatan prestasi catur di tingkat pelajar hingga mahasiswa sangat tepat.

PB Percasi pimpinan GM Utut Adianto
sudah melakukan pembinaan atlet dari berbagai tingkatan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA bekerjasama dengan BPK PENABUR menggelar berbagai event mulai dari daerah hingga nasional.

Melalui kerjasama itu, para atlet yang tamat SMA bisa melanjutkan profesinya dibidang catur dijenjang mahasiswa. Dengan begitu katanya, para pecatur nasional dapat meraih dwifungsi yaitu berprestasi dibidang pelajaran maupun olahraga catur.

“Bila seorang pecatur mampu meraih dwifungsi yaitu, berprestasi dibidang pelajaran dan olahraga catur, maka peluang menggapai kehidupan masa depan yang cerah terbuka lebar, ” tambah Eka Putra Wirya.

Dari situlah, Eka Putra Wirya selalu memberikan suntikan semangat pada pecatur yang dapat menggapai prestasi puncak baik di tingkat sekolah, mahasiswa maupun di kelompok umum dibawah naungan FIDE.

Atas keberhasilan para atlet yang kini berstatus mahasiswa meraih prestasi optimal di event catur kawasan ASEAN, Eka Putra Wirya tak lupa mengucapkan terima kasih pada jajaran pengurus PB Percasi, Pelatih dan Manajer yang bertugas selama persiapan maupun ketika atlet tampil di ASEAN University Games 2024 di Surabaya.

Medali Terbanyak 

Adapun medali yang diraih para pecatur Indonesia yang tampil juara umum di ASEAN University Games 2024 di Surabaya dicetak melalui nomor catur, kilat, cepat dan catur standar, baik perorangan maupun beregu putra putri.

Pada nomor catur kilat mahasiswa Indonesia menunjukkan kepiawaiannya merebut medali emas atas nama IM Azarya Jodi Setyaki. Begitu juga di nomor catur kilat beregu putra menghasilkan medali emas.

Pada nomor catur cepat putra, Gilbert Tarigan berhasil menyuguhkan medali emas. Begitu begitu juga di nomor catur cepat beregu putra menambah pundi medali emas bagi kontingen Indonesia.

Sedang tambahan empat medali emas di nomor catur standart putra dan putri dihasilkan melalui Setyaki Azarya Jodi di nomor catur standart perorangan putra dan standard beregu putra.

Begitu juga di putri memetik medali emas lewat nomor catur standard perorangan atas nama Latifa Laysa. Medali emas berikutnya diraih di nomor beregu standard putri.

Dengan hasil tersebut ujar Sekjen PB Percasi, Hendry Hendratno tim catur Indonesia mengumpulkan 8 medali emas, 6 perak dan 1 perunggu untuk meraih juara umum.

Sedang pengumpul medali terbanyak kedua diambil tim dari Vietnam dengan 4 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu. Adapun posisi ketiga ditempati tim Malaysia dengan 4 perak dan 7 perunggu. (Warso)

 

Related posts