Suara Karya

PKS Sumbar Luncurkan Gerakan Satu Juta Masker

Ketua DPW PKS Sumbar Mahyeldi (kiri) membagikan masker kepada perwakilan ormas. ANTARA/HO-PKS Sumbar

PADANG (Suara Karya): Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat meluncurkan program gerakan satu juta masker dalam rangka menggalakkan pemakaian masker di tengah masyarakat mencegah penularan COVID-19.

“Sebanyak 500.000 masker akan disebar lewat DPD PKS kota dan kabupaten. Sementara 500 ribu lainnya disebarkan bekerja sama dengan berbagai ormas dan LSM seperti Relawan Indonesia, Gema Keadilan, Ikadi dan BKPRMI,” kata Ketua DPW PKS Sumbar Mahyeldi di Padang, Senin.

Menurut dia keseriusan pemerintah provinsi dan kota/kabupaten dalam menekan laju penyebaran COVID-19 agak timpang dibandingkan kesadaran masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

“Karena alasan ekonomi atau kejenuhan masyarakat memakai masker, warga mulai abai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Melihat kondisi ini, Satgas Wilayah PKS Sumatera Barat merasa terpanggil untuk melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat dikemas dalam bentuk “Gerakan Sejuta Masker DPW PKS Sumbar”.

Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada tim relawan Indonesia yang telah menginisiasi peluncuran satu juta masker untuk masyarakat Sumbar.

“Edukasi dan sosialisasi perlu dilakukan oleh semua pihak,sehingga masyarakat tercerahkan bahwa COVID-19 itu benar adanya karena hampir tiap hari ada yang terpapar dan sampai meninggal dunia,” ujarnya seperti dilansir antaranews.com.

Ia menilai perlu menggugah kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan ekonomi harus bergerak dan tumbuh sejalan dengan dengan protokol kesehatan.

Masyarakat tidak boleh abai karena menjaga kesehatan juga perintah agama. Kita berharap kepada media untuk memberitakan hal hal positif terkait perkembangan penanganan COVID-19, ujarnya yang juga menjabat Gubernur Sumbar tersebut.

Menurutnya masyarakat Sumbar punya modal dasar untuk penanganan COVID-19, mulai dari semangat keagamaan, semangat tolong menolong antar masyarakat dalam bentuk program Nagari Tageh, Kongsi Covid, dan lainnya.

Peluncuran gerakan ini dihadiri langsung Sekum DPW PKS Sumbar Rahmat Saleh, Kabid Humas Mulyadi Muslim, Ketua Satgas PKS Sumbar Nosa Ekananda, Ketua BPU PKS Sumbar Defrinal, dan lainnya serta perwakilan ormas antara lain Ikadi, Gema Keadilan, Garuda Keadilan, dan Ormas Relawan Indonesia.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan masker secara simbolik kepada perwakilan ormas yang hadir, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat. (Agus Sunarto)

Related posts