JAKARTA (Suara Karya): Hasil survey yang dilakukan perusahaan riset global ternama asal Amerika Serikat, Nielsen Audience Measurement menunjukkan Radio Republik Indonesia (RRI) menjadi radio terpopuler di Indonesia.
Pernyataan tersebut dirangkum dari laporan Nielsen berjudul ‘Survei Layanan Siaran Pemilu dan Pilkada Tahun 2024’ yang dirilis pada 9 September 2024.
Survey yang berlangsung selama Juli-Agustus 2024 itu diikuti 3.777 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan serentak secara nasional.
Disebutkan, jumlah pendengar nasional RRI dalam 6 bulan terakhir sebesar 46,4 persen. Angka itu jauh mengungguli keberadaan radio-radio lain yang eksis di Indonesia.
“Angka pendengar radio selain RRI, bahkan hanya mendapat jumlah pendengar kurang dari 5 persen,” kata Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI, Ignatius Hendrasmo pada perayaan HUT ke-79 RRI di Jakarta, Rabu (11/9/24).
Keunggulan jumlah pendengar RRI secara nasional, lantaran hampir di semua provinsi menduduki posisi teratas. Provinsi itu, antara lain Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera bagian Selatan, Sumatera bagian Tengah, Sumatera bagian Utara, Papua dan Maluku, dan Jawa Timur.
Hasil survei Nielsen Audience Measurement lainnya menyebutkan, RRI memiliki 68 persen pendengar aktif setiap minggu.
Konten yang diminati, yaitu berita dan informasi (70 persen). Lalu, konten hiburan mendapat porsi 62 persen sebagai konten yang disukai pendengar RRI.
Salah satu alasan responden mendengarkan RRI adalah ingin mengetahui berita terupdate (52,9 persen), acaranya menarik (44,7 persen), siarannya informatif (28 persen), sinyal penerimaan yang jelas (27,8 persen), serta suara penyiarnya enak didengar (25,1 persen).
Hasil survei Nielsen itu diharapkan dapat menjadi peluang bagi RRI untuk bertahan mengarungi era senjakala disrupsi media.
Hendrasmo memaparkan langkah strategis RRI untuk melebarkan sayapnya dengan menggunakan multiplatform 5 pilar atau 5 wajah. Lima wajah RRI itu adalah Radio, RRI News, RRI Digital, Media Sosial, dan Komunitas.
Satu pilar RRI adalah media pemberitaan online. Dalam satu tahun terakhir, portal RRI dengan nama rri.co.id atau RRI News meningkat secara signifikan.
Similarweb, platform analisis web yang menyediakan data dan wawasan tentang lalu lintas situs web, pengunjung, dan pesaing menyebutkan RRI di urutan 30 portal berita online. Padahal tahun lalu masih bertengger di posisi 267.
“Tahun lalu, peringkat berita online rri.co.id kita masih di atas 200, tetapi bulan ini sudah masuk 30 besar portal di Indonesia,” ucapnya.
Ditambahkan, RRI saat ini tengah berbenah dengan memperkuat kapasitas sumberdaya manusia di lingkungan RRI.
“Konsep corporate university telah diadopsi untuk mengefektifkan Pusat Pengembangan Kompetensi RRI, yang hingga kini sedang melakukan ‘capacity building’ bagi 85 persen karyawan RRI yang berjumlah 4.b580 di seluruh Indonesia,” kata Hendrasmo menandaskan. (Tri Wahyuni)