JAKARTA (Suara Karya): Setelah sukses menghantui warga Surabaya, pameran horor imersif ‘Junji Ito: Rumah Misteri’ kini hadir di Jakarta. Pameran berlangsung di Senayan Park (Spark) Mall, pada 23 Oktober hingga 4 Januari 2026.
“Kepada warga Jakarta, bersiaplah menyelami dunia mimpi buruk Junji Ito yang seram tapi memikat,” kata
Creative Project Lead FanDayOut, Calvin Chandra saat membuka secara resmi pameran ‘Junji Ito: Rumah Misteri’, di Spark Mall Jakarta, Kamis (24/10/25).
Dijelaskan, pameran itu merupakan event resmi berlisensi dari Jepang yang menampilkan karya-karya legendaris Junji Ito, maestro manga horor dunia yang dikenal lewat Tomie, Uzumaki, dan Soichi.
Rumah misteri Junji Ito diselenggarakan FanDayOut, di bawah manajemen Provaliant Group.
Pameran menggabungkan lebih dari 100 karya visual, instalasi interaktif, dan pengalaman imersif yang membawa pengunjung langsung ke jantung dunia kelam ciptaan Junji Ito.
“Pameran ini membawa dunia mimpi buruk Junji Ito menjadi nyata. Kami ingin pengunjung tak hanya melihat, tapi benar-benar merasakan atmosfer kelam dan keindahan visual khas Junji Ito,” tutur Calvin.
Dijelaskan, ada 3 dunia mimpi buruk Junji Ito. Pertama, Rumah Misteri (Horror Experience) yang menjadi wahana utama. Pengunjung diajak untuk bereksperimen dengan memilih dua jalur berbeda.
Rute A, bertajuk ‘Ville of Vengeance’. Pengunjung diajak menyelami obsesi dan keabadian sosok Tomie, gadis cantik yang menjadi simbol kutukan dan keinginan tak berujung. Efek visual dan ilusi cermin membawa pengunjung ke dunia di mana kesempurnaan adalah teror.

Untuk Rute B bertajuk ‘Ville of Evil’, pengunjung diajal masuk ke dunia Soichi Tsujii, karakter eksentrik dengan paku di mulutnya. Tawa sinis, boneka voodoo, dan ritual gelap siap mengguncang batas antara realita dan kegilaan.
“Selain itu, pengunjung juga bisa memilih VIP/Full Experience Pass untuk mencoba kedua rute sekaligus, lengkap dengan merchandise eksklusif seperti masker karakter Tomie & Soichi serta kaos edisi terbatas,” kata Calvin.
Hal senada disampaikan Licensor Representative, Dymas. Katanya, Rumah Misteri juga menampilkan pameran ilustrasi, yang menampilkan arsip visual asli Junji Ito dari seri terkenal seperti Tomie, Soichi, Uzumaki, dan karya ikonik lainnya.
“Setiap ruangan dirancang seperti labirin mimpi buruk, lengkap dengan efek suara, pencahayaan dramatis, dan instalasi interaktif,” ujarnya.
Tersedia pula Pop-Up store sksklusif. Untuk pertama kalinya di Indonesia, penggemar bisa mendapat merchandise resmi Junji Ito hasil kolaborasi dengan Jepang.
Koleksi yang ditawarkan meliputi T-shirt, hoodie, tote bag, lenticular notebook, cushion, tumbler, keychain, mouse pad, pin, hingga koleksi premium bertema karakter orisinal Junji Ito.
“Setiap karya Junji Ito adalah dunia misteri yang penuh ketegangan dan keindahan. Kami ingin pengunjung benar-benar masuk ke dunia itu, dan memahami apa yang membuatnya begitu legendaris,” kata Dymas.
Sekadar informasi, Junji Ito selama ini dikenal sebagai ikon horor psikologis Jepang, yang memadukan keindahan estetika dengan rasa takut yang mendalam.
Gaya grotesque-nya sering dibandingkan dengan HP Lovecraft, namun dengan pendekatan yang lebih personal dan filosofis.
Karya Junji Ito telah diadaptasi menjadi film, serial animasi Netflix berjudul ‘Junji Ito Maniac’ hingga pameran internasional di Jepang, Taiwan, dan Korea. (Tri Wahyuni)

