Suara Karya

Dekatkan Akses, Layanan BPJS Keliling Digelar di Jambore Kader Puskesmas Bonjer!

JAKARTA (Suara Karya): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jakarta Barat menggelar layanan ‘BPJS Keliling’ dalam kegiatan Jambore Kader Puskesmas Kebon Jeruk (Bonjer), di Gelanggarang Olahraga Remaja Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

“Melihat efektivitas BPJS Keliling bagi peserta JKN, kami akan terus lakukan kegiatan ini di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Unting Patri Wicaksono Pribadi disela kegiatan, Kamis (15/5/25).

Sekadar informasi, Jambore Kader adalah rangkaian kegiatan sebagai bentuk penghargaan bagi para kader kesehatan, yang selalu semangat memberi pelayanan kepada masyarakat.

Unting berharap, layanan BPJS Keliling yang sifatnya ‘jemput bola’ ini dapat mendekatkan peserta kepada layanan JKN. Peserta dapat merasakan manfaat dari program tersebut.

Layanan BPJS Keliling meliputi pemberian informasi terkait penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pelayanan kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital pada Aplikasi Mobile JKN.

Peserta juga dapat melakukan perubahan data kepesertaannya, sejumlah layanan tanpa tatap muka, hingga penjelasan terkait Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

“Peserta yang mengunjungi layanan BPJS Keliling semakin paham terkait manfaat yang bisa diperoleh dalam Program JKN, yang selama ini belum diketahui secara jelas,” tuturnya.

Pada akhirnya, lanjut Unting, upaya tersebut dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN. Evaluasi juga terus dilakukan, sehingga peserta dapat merasakan pelayanan prima yang memiliki mutu terbaik.

Duta BPJS Kesehatan yang bertugas saat itu terlihat sigap dalam menjawab seluruh pertanyaan peserta JKN yang datang ke layanan BPJS Keliling.

Beberapa pertanyaan yang diajukan, antara lain, penambahan anggota keluarga, cek keaktifan kepesertaan, perubahan data peserta, hingga cara menampilkan kartu digital Program JKN dan cara mengubah kelas rawat inap maupun mengubah Fasilitas Kesehatan (Faskes) melalui Aplikasi Mobile JKN.

Terkait Program REHAB, beberapa peserta yang butuh pelunasan tunggakan iuran merasa terbantu dengan solusi yang diberikan. Seperti diceritakan Agung (29), yang terbantu dengan adanya layanan BPJS Keliling.

Agung menuturkan, pihaknya belum sempat mengurus pembayaran tunggakan iuran, karena tidak sempat jika harus ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Barat.

“Rumah saya dekat sini, jadi tadi sekalian mampir buat tanya soal tunggakan yang harus saya bayar. Lalu oleh petugas ditawari Program REHAB, saya langsung ambil. Biar urusan tunggakan cepat selesai dengan cara mencicil,” ujarnya.

Layanan BPJS Keliling mendapat animo luar biasa dari pengunjung. Ada sekitar 20 peserta JKN datang ke layanan tersebut setiap harinya.

“Ke depan BPJS Kesehatan akan terus menghadirkan BPJS Keliling di wilayah Jakarta Barat, termasuk di wilayah yang padat penduduk dan jauh dari Kantor BPJS Kesehatan. Dengan demikian, peserta semakin mudah dalam mengakses Program JKN,” kata Unting menandaskan. (Tri Wahyuni)

Related posts