Suara Karya

Rayakan Hardiknas 2024, Mendikbudristek Berharap MB jadi Gerakan!

JAKARTA (Suara Karya): Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) di Gedung Indonesia Arena, Senayan Jakarta berlangsung meriah.

Dalam perhelatan yang dihadiri 9 ribu peserta itu, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim kembali menyerukan keberlanjutan Merdeka Belajar (MB) dari sebuah kebijakan menjadi gerakan di satuan pendidikan.

“Semoga Merdeka Belajar tidak berhenti sampai kebijakan, tetapi menjadi gerakan,” kata Nadiem yang didampingi seluruh jajaran eselon di Kemdikbudristek, Jumat (3/5/24).

Menurut Nadiem, keberlanjutan program MB menjadi penting karena perjalanan menuju sekolah yang dicita-citakan hampir terwujud.

Ia mengakui, bukan hal mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Tetapi juga bukan tugas sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

“Pada awal perjalanan Gerakan MB, semua orang menyadari jika perubahan itu butuh perjuangan. Wajar jika ada rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” tuturnya.

Ketika langkah semua orang mulai serempak kala itu, lanjut Nadiem, Indonesia dihadapkan pada tantangan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, yakni pandemi covid-19. Pandemi mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup manusia secara drastis.

“Pandemi juga memberi kita kesempatan untuk mengakselerasikan perubahan. Dengan bergotong royong, kita jadi lebih kuat,” tuturnya.

Nadiem menegaskan, masyarakat mulai merasakan perubahan dalam dunia pendidikan kita berkat Gerakan Merdeka Belajar. Perubahan dalam ekosistem pendidikan dan kebudayaan itu berlangsung serempak dan serentak.

Dalam rangkaian Bulan Merdeka Belajar ini, Kemdikbudristek didukung pemangku kepentingan melakukan berbagai kegiatan, yaitu ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara untuk menghormati dan mengenang jasa beliau sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Kegiatan lainnya adalah upacara bendera pada 2 Mei 2024 di Kantor Kemdikbudristek dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbudristek seluruh Indonesia, serta gelaran pameran di ruang publik dan Museum Cagar Budaya yang terbuka bagi masyarakat umum.

Ada pula Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN), Festival Kurikulum Merdeka, penayangan Siniar Merdeka Belajar di Youtube Kemdikbudristek yang mengangkat praktik baik program Merdeka Belajar, dan masih beragam agenda lainnya dari UPT dalam menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar hingga akhir Mei 2024.

Yang tak kalah istimewa, Kemdikbudristek berkolaborasi dengan komunitas budaya menggelar Konser Musikal bertajuk ‘Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai’. Konser itu menjadi hasil nyata transformasi pendidikan Indonesia melalui implementasi prinsip Merdeka Belajar yang menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan terdiferensiasi.

Konsep Merdeka Belajar tak hanya memberi ruang bagi siswa untuk berkembang sesuai bakatnya, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif mereka dalam dunia nyata, mempersiapkan mereka untuk meraih impian dan mencintai proses belajar yang abadi.

Hadir dalam perayaan Hardiknas 2024 jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju; Ketua dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI; Duta Besar negara sahabat; Ketua OASE Kabinet Indonesia Maju beserta seluruh jajaran dan anggota.

Pada akhir acara, tampil tiga pesohor negeri yaitu Putri Ariani, Tulus, Vidi Aldiano, Rinni, Maisha Kanna dan penyanyi dangdut Nassar.

Selain itu ada pula gelaran dalang cilik Danang Danardono dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari Universitas Parahyangan, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, dan Gabungan PSM Indonesia. (Tri Wahyuni)

Related posts