JAKARTA (Suara Karya): Institut Pariwisata (IP) Trisakti menggelar Trisakti Hospitality Competition (TRISHCO) 2024, yang diikuti 206 siswa SMA dan sederajat dari sejumlah kota di Indonesia.
Perhelatan tersebut, selain untuk mempromosikan program studi di Institut Pariwisata Trisakti, juga bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 IP Trisakti.
Hal itu dikemukakan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IP Trisakti, Agus Riyadi saat membuka TRISHCO 2024, di kampus IP Trisakti, Tanah Kusir Jakarta, Rabu (12/6/24).
Hadir dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor II Bidang Umum, SDM, Keuangan, Data dan Informasi, Humas dan Kesekretariatan IP Trisakti, Nurbaeti; dan Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama, Alumni, Pemasaran dan Pengaturan Kerja IP Trisakti, Novi Widyastuti.
Ketua Pelaksana TRISHCO 2024,
Fifi Noviyanti menjelaskan, kompetisi yang diikuti 206 siswa itu terbagi dalam 8 mata lomba untuk mahasiswa IP Trisakti dan siswa SMA/SMK/MA/pesantren.
Untuk siswa, ada 6 keahlian yang diperlombakan yaitu Latte Art, Debat Pariwisata, Ide Bisnis, Story Telling, Tourism Vlog dan Tari Kreasi. Peserta terbanyak pada lomba Debat Pariwisata.
Khusus untuk mahasiswa IP Trisakti, ada dua keahlian yang dilombakan, yaitu pembuatan video Tik Tok Promosi dan jajanan pasar yang disponsori Bola Deli, produk tepung unggulan dari PT Padi Flour Nusantara.
“Jajanan pasar yang dilombakan adalah pembuatan kue Khu dan talam menggunakan tepung dari Bola Deli,” tutur Fifi seraya meyebut sekolah peserta lomba dari Jakarta, Bekasi, Cibubur, Tangerang, Pandeglang, Cibinong, Pontianak, dan Palembang.
Ia mengaku senang dengan antusias para siswa saat mengikuti lomba. Para siswa menyiapkan materi secara matang, sehingga perlombaan berlangsung seru dan meriah.
“Dalam lomba debat, para siswa benar-benar menyiapkan sekaligus mempertahankan materi secara apik. Lomba berlangsung seru, karena semua peserta sangat antusias,” katanya.
Begitupun pada lomba tourism vlog, lanjut Fifi, para siswa menampilkan vlog pariwisata Indonesia, yang tak sekadar promosi pariwisata, tapi juga dibuat menarik. Sehingga orang ingin berkunjung ke daerah wisata tersebut.
“Anak-anak Gen Z ini memang jago teknologi ya. Vlog mereka bagus semua,” ucapnya.
TRISHCO 2024 tak hanya menampilkan lomba, tetapi juga memberi kesempatan kepada mahasiswa program studi kewirausahaan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, lewat berniaga di bazar.
“Bazar juga menampilkan sejumlah produk dari para sponsor TRISHCO 2024,” kata Fifi seraya menambahkan kompetisi itu ditutup oleh Rektor IP Trisakti, Fetty Asmaniati.
Beberapa industri dan institusi pendukung, antara lain disebutkan, Artotel Group, PT Anggana Catur Prima, Bola Deli, Bernardi, PT Sinar Meadow, PT Nirwana Lestari, Modena, Bank DKI, Azana Hotel, Ibis Style Hotel Jakarta Airport, Coca Cola, Hokben, Will’s Eatery, dan Lyma Restaurant.
Selain itu ada IMI Switzerland, Guillin Tourism University China, PT Indo Boga Hotel Inovatama, Grha Pesona Sakti, Sparks Life Hotel by Artotel Currated. (Tri Wahyuni)