Suara Karya

FIO UNJ Sukses Gelar Seminar Internasional ASEC 2020 Secara Vitual

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Komarudin, M.Si memberikan apresiasi kepada Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) yang berhasil mencetak atlet dan pelatih tingkat nasional maupun internasional. Bahkan tidak tanggung-tanggung berhasil mempersembahkan tujuh medali emas saat kontingen Indonesia tampil di Asian Games 18 tahun 2018.

“Prestasi yang cukup membanggakan itu mampu memancing semangat akademisi olahraga untuk menulis dan meneliti kemajuan olahraga,”tegas Dr. Komarudin dalam seminar internasional yang bertajuk “Advances in Sport Engineering Conference 2020 (ASEC 2020).

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 19 – 20 November 2020 berjalan cukup lancar dan diikuti 400 peserta yang berasal dari beberapa negara.

Sementara Dekan FIO UNJ, Dr. Johansyah Lubis, M.Pd. mengharapkan, agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi dunia olahraga, khususnya dalam pemanfaatan teknologi. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNJ, panitia, serta dukungan Rumah Publikasi Indonesia (RPI). “Body and mind are not separate, what affects one, affect the other”. Menginggat pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan ini berjalan secara virtual melalui platform Zoom dan Youtube.

Kegiatan ASEC 2020 merupakan kegiatan seminar internasional pertama di Indonesia yang mengusung lingkup penelitian sport engineering dan teknologi. Kegiatan konferensi internasional ini terbagi atas sesi seminar oleh narasumber Internasional dan dilanjutkan oleh pemaparan dari seluruh peneliti yang ingin penelitiannya mendapatkan pengakuan internasional.

Dengan harapan dapat meningkatkan kredibilitas penulis dan kepangkatan. Apabila memenuhi persyaratan, artikel akan di publish dalam prosiding terindeks scopus (IOP Publisher).

Beberapa narasumber tingkat Internasional diundang untuk mengisi materi conference sesuai dengan tema “Technology in Physical Movement: Innovation through diversity”, antara lain Assoc. Prof. Nelfianty binti Mohd Rasyid dari University Pendidikan Sultan Idris, Malaysia, Ass. Prof. Ryu Nagahara, Ph.D dari National Institute of Fitness and Sports in Kanoya, Japan, Ass. Prof. Christian Rey D. Rimando, MSPT dari University Santo Tomas, Philippines dan Prof. Dr. dr. James Tangkudung, Sport.Med, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta.

Pada tanggal 20 November 2020, rangkaian kegiatan konferensi dilanjutkan dengan kegiatan workshop penulisan karya ilmiah terindeks scopus yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Workshop ini bertujuan untuk memberikan masukan dan informasi mengenai kiat – kiat dalam menulis. “tema tentang Sport Engineering masih jarang diangkat di seluruh dunia karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga seminar yang dilaksanakan ini harus dipertahankan keberadaannya untuk lebih merangsang para peneliti dalam melakukan penelitian dibidang sport engineering” katanya. (Warso)

Related posts