Suara Karya

Jakarta Fair 2024 Digelar 12 Juni hingga 14 Juli

JAKARTA (Suara Karya): Jakarta International Expo (EXPO) kembali menggelar Jakarta Fair Kemayoran pada 12 Juni hingga 14 Juli 2024. Pada tahun ini, penyelenggara menjanjikan ada pameran, hiburan dan nuansa baru yang lebih menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Diketahui, Jakarta Fair Kemayoran adalah arena festival dan pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara dan juga merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan. Ajang ini secara khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta ke- 497.

Marketing Director PT Jiexpo, Ralph Scheunemann mengatakan, pada tahun ini penyelenggaraan Jakarta Fair adalah untuk ke- 55 kalinya sejak pertama diselenggarakan pada tahun 1968.

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2024 mengambil tema “Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bersaing di Pasar Dunia”, dengan sub tema “Galakkan Inovasi, Industrialisasi, dan Kreativitas Maksimal”.

“Tema dan sub tema tersebut merupakan wujud kontribusi event Jakarta Fair dalam membangkitkan ekonomi Nasional,” kata Ralph kepada media di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024)

Dikatakan Ralph event ini turut berkontribusi dalam hal ketersediaan lapangan pekerjaan dan juga kesempatan bagi para pelaku usaha Tanah Air untuk turut andil dalam memajukan potensi inovasi serta kreativitas produk dalam Negeri.

Sekadar informasi, Jakarta Fair Kemayoran merupakan ajang pameran multiproduk terbesar dengan area pameran yang sangat strategis dan mudah diakses karena letanya yang berada di pusat kota Jakarta. Event ini diharapkan akan menjadi tujuan utama wisata berbelanja serta berlibur bagi masyarakat.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.550 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, dan kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Lebih lanjut Ralph mengungkapkan, dengan komposisi persentase peserta yakni 60% dari sektor swasta dan 40% dari sektor UMKM.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

“Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2024 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, gadget, komputer, alat olah raga, fashion and garment, perlengkapan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Ralph, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di Hall-C1, memamerkan berbagai program Pemerintah Provinsi, membuka berbagai layanan publik, dan juga panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta. Penyelenggara Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal, kuliner dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk i yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara, lalu terdapat juga area Kuliner yang menyajikan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D dan juga sajian kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

Semarak Jakarta Fair Kemayoran akan semakin terasa dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Di samping itu, salah satu acara yang paling ditunggu oleh para pengunjung yakni konser musik Jakarta Fair. Pada tahun ini konser musik Jakarta Fair akan digelar rutin selama 32 hari kecuali pada saat malam takbiran Idul Adha. Salah satu keunikan konser musik Jakarta Fair yakni menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Folk, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, hingga musik punk.

Sejumlah band dan musisi top papan atas Indonesia dijadwalkan akan tampil di

Konser Musik Jakarta Fair 2024 diantaranya adalah Slank, Fortwnty, Tipe-x, Superman IS Dead, Last Child, The Sigit, The Adams, NDX AKA, Fiersa Besari, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Feel Koplo, dan mash banyak musisi top lainnya yang akan tampil di panggung konser musik Jakarta Fair 2024.

Sejumlah peningkatan berupa sarana dan prasarana juga dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk terus meningkatkan kualitas kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengunjung. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan urinoir yang tersebar di setiap sudut area pameran.

Jakarta International Expo juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk berusaha meningkatkan keamanan dan kelancaran arus menuju ke area Jakarta Fair. Di samping itu, pihak penyelenggara juga menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung puluhan ribu kendaraan roda dua dan juga ribuan kendaraan roda empat.

Dalam hal ini walaupun memiliki kapasitas lahan parkir yang sangat luas, Jakarta International Expo menghimbau kepada para calon pengunjung Jakarta Fair untuk menggunakan moda transportasi umum yang tersedia, hal ini guna mencegah kepadatan di sekitar area pintu masuk Jakarta Fair.

Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah memberikan dukungannya dalam hal transportasi umum yang dapat digunakan masyarakat untuk menuju ke area Jakarta Fair, yakni dengan dibukanya empat rute khusus Trans Jakarta yang menuju area Jakarta Fair Kemayoran diantaranya adalah :

• Rute PRJ 1 : Cililitan – JIEXPO Kemayoran

• Rute PRJ 2 : Matraman Baru – JIEXPO Kemayoran Rute PRJ 3 : Pulo Gadung 1- JIEXPO Kemayoran

• Rute 2 C : Balai Kota – JIEXPO Kemayoran
Berikut adalah informasi jam buka pameran event Jakarta Fair Kemayoran 2024:

• 
Senin s/d Jum’at

: 15.30 – 22.00 WIB

Sabtu dan Minggu

: 10.00 – 22.00 WIB

Malam Takbiran (16 Juni 2024)

: 10.00 – 19.00 WIB

• Idul Adha (17 Juni 2024)

: 14.00 – 22.00 WIB

• Periode Idul Adha (18 Juni 2024)

: 10.00 – 22.00 WIB

Berikut adalah jadwal konser musik Jakarta Fair periode Bulan Juni :

• 12 Juni : Opening Ceremony & Okaay

1. Juni : Feel Koplo & Diskopantera

2. Juni : Tony Q, Gangstarasta, Pasundan 17

• 15 Juni : Superman Is Dead, Tanah Air Project, Foru

• 16 Juni : Tidak ada konser (Malam Takbiran)

1. Juni : For Revenge, Rebellionrose, Narra

2. Juni : Last Child, Niel, D’nineteen

3. Juni : Fiersa Besari, Rachun

4. Juni : Gildcoustic, Mr. Jono & Joni

5. Juni : The Adams, The Sigit, The Upstairs

• 22 Juni : Fourtwnty, Enau, 2/15

• 23 Juni : Tipe-X, Monkeyboots, Feel High

• 24 Juni : Oom Leo berkaraoke ft. Ari Lesmana, (Top artist masih dirahasiakan)

• 25 Juni : Hura-Hura Club, Annisya, (Top artist masih dirahasiakan)

• 26 Juni : Pamungkas, The Rain

1. Juni : Maliq & D’Essentials, Roots Weiler

2. Juni : Mahardias, MVVL, (Top artist mash dirahasiakan)

• 29 Juni : NDX AKA, Close to Breath

30 Juni : Slank, Respects, The Tambel

(Boy)

 

Related posts