Suara Karya

13 Tahun Kemitraan, SWA dan PKU ES Perkuat Program Pertukaran Pelajar

JAKARTA (Suara Karya): Sinarmas World Academy (SWA) dan Peking University Elementary School (PKU ES) merayakan 13 tahun kemitraan dalam bidang pendidikan. Salah satu program utamanya adalah pertukaran pelajar.

“Program pertukaran pelajar diharapkan dapat membangun rasa hormat dan mengembangkan pemahaman budaya antar negara serta meningkatkan pembelajaran yang kolaboratif,” kata Chairman of the Board SWA, Anton Mailoa di kampus SWA di BSD, Tangerang Selatan, Jumat (3/5/24).

Puluhan siswa SD PKU ES hadir di Indonesia untuk mengikuti pertukaran pelajar yang berlangsung 29 April-3 Mei 2024.

Anton menambahkan, pihaknya bangga karena bisa menjalin kemitraan dengan PKU, yang kini menjadi salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia.

“Di era global saat ini, pendidikan harus berani berinovasi, bertransformasi, serta berkolaborasi untuk menyiapkan generasi muda yang mampu membuat perubahan yang lebih baik di dunia,” ucapnya.

Perkembangan pendidikan di Indonesia dan China sangat mengesankan, karena itu kemitraan SWA dan PKU menjadi salah satu faktor penting bagi kedua institusi untuk bertukar ‘best practices’ yang sejalan dengan visi bersama untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul.

Hal senada dikemukakan Chairwoman of Peking University Elementary School (PKU ES), Wang Tian Miao. Katanya, berkunjung ke SWA memberi pengalaman yang tak ternilai bagi dirinya dan para murid yang mengikuti program tersebut.

“Kami sangat terkesan dengan kualitas pendidikan internasional di SWA, yang mendorong murid untuk berpikir kritis dan kreatif, berkolaborasi, serta menunjukkan tindakan nyata bagi komunitas,” ucap Wang Tian Miao.

PKU ES akan terus berkomitmen untuk kemitraan pendidikan yang semakin kuat dengan SWA hingga masa mendatang.

Sebagai satu-satunya sekolah internasional di Indonesia yang terakreditasi untuk menerapkan dan menggabungkan secara dinamis kurikulum IB, Cambridge, dan Nasional, SWA menjalin kemitraan pendidikan dengan PKU yang terdaftar sebagai Top 14 World University versi Times.

Kemitraan ini senantiasa diperluas pada pengembangan tenaga pengajar, pembaruan kurikulum, hingga dukungan pada siswa-siswi berprestasi ke tingkat pendidikan selanjutnya.

Program Pertukaran Pelajar PKU ES ke SWA diisi dengan ragam aktivitas seperti kelas sains interaktif, melukis batik tradisional, study trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pameran seni dan kaligrafi bersama, serta kunjungan industri ke Indah Kiat Paper Mills yang memproduksi pulp, kertas dan tisu.

Kunjungan tersebut juga memberi kesempatan kepada siswa-siswi untuk mempelajari aplikasi praktis IPTEK pada proses produksi kertas serta eksperimen bioteknologi.

Daniel, salah seorang siswa dari PKU ES mengatakan, dirinya senang bisa berkunjung ke SWA. Sehingga ia bisa belajar bersama dan bertumbuh dalam suasana yang sangat menyenangkan ini. “Kami senang dapat teman-teman baru dan mengundang teman-teman SWA ke Beijing,” ujarnya.

Melalui kolaborasi dan inisiatif yang berkelanjutan, SWA berkomitmen untuk membangun komunitas pembelajar yang dinamis untuk unggul di Asia dan global dengan merangkul nilai-nilai karakter, mengembangkan pendidikan holistik untuk generasi unggul, serta secara aktif memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (Tri Wahyuni)

Related posts