Suara Karya

Bikin Mudik Makin Asyik, Badan Bahasa Bagi-Bagikan Buku Gratis!

JAKARTA (Suara Karya): Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) membagi-bagikan buku gratis kepada pemudik di 5 lokasi.

“Diharapkan buku bacaan tersebut bisa menjadi kegiatan alternatif selama mudik lebaran, tak hanya bermain dengan hape,” kata Kepala Badan Bahasa, Aminudin Aziz dalam peresmian di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (2/4/24).

Kegiatan tersebut berlangsung berkat dukungan sejumlah mitra seperti Perpustakaan Nasional, Pusat Perbukuan, IKAPI, Gramedia, Macanan Jaya, Temprina, Provisi Mandiri Pratama, Dar! Mizan, Noura Publishing, Yayasan Litara, dan Reading Bugs.

Kegiatan Mudik Asyik Baca Buku digelar di 5 lokasi, yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogebang. Kegiatan berlangsung 2-4 April 2024.

Dalam momentum itu, Kepala Badan Bahasa, Aminudin Aziz, menilai kegiatan menjadi wujud gotong royong berbagai pihak yang peduli dalam peningkatan minat baca.

Sebab, menurut Aminudin Aziz, rendahnya minat baca ikut dipengaruhi oleh keterbatasan buku bacaan bermutu, terutama bagi anak-anak yang perlu terus menerus didorong minat literasinya.

“Momen ini menjadi bukti masih tingginya minat baca masyarakat. Karena itu pentingnya bergotong royong meningkatkan minat baca dengan menyediakan buku bacaan bermutu,” ucapnya.

Aminudin Aziz mengatakan, membaca buku bisa menjadi kegiatan alternatif yang bersifat edukatif dan menyenangkan. “Ketimbang bermain game, pemudik bisa menghabiskan waktu dengan membaca,” ujarnya.

Aktivitas membaca buku, lanjut Aminudin, menjadi sarana yang baik bagi orang tua dan anak untuk berinteraksi. Bacaan yang menarik akan menjadi bahan diskusi bagi anak dan orang tua, sekaligus pengalaman seru bagi keduanya.

Deputi 2 Daerah Operasi 1 Jakarta, Ali Afandi mendukung kegiatan Mudik Asyik Baca Buku Tahun 2024. Ia menyambut baik kegiatan kolaboratif dengan Kemdikbudristek dan berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan pada kesempatan berikutnya.

“KAI siap mendukung kegiatan semacam ini,” ucap Ali Afandi.

Dalam kegiatan Mudik Asyik Baca Buku dibagikan buku secara gratis selama acara berlangsung. Lebih dari 15 ribu buku bermutu dibagikan kepada pemudik. Sebagian besar adalah buku cerita anak.

Tujuan dari kegiatan Mudik Asyik Baca Buku Tahun 2024 adalah memberi edukasi kepada orang tua tentang urgensi dan manfaat gemar membaca, memberi buku yang mendidik dan bermanfaat untuk menemani anak saat perjalanan mudik. (Tri Wahyuni)

Related posts