Suara Karya

GM Utut Bangga, Perkembangan Prestasi Atlet Catur Merata di “JAPFA Year End Tournament” 2023

JAKARTA (Suara Karya) : Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto berikan apresiasi perkembangan olahraga catur semakin merata dari berbagai daerah. Hal itu terpantau dalam Festival “JAPFA Year End Tournament” 16 – 17 Desember 2023.

“Saya mengucapkan banyak Terima kasih pada semua pengurus Percasi diberbagai daerah yang menempa dan mengirim atletnya tampil di “JAPFA Year End Tournament” 2023,”tegas GM Utut di Wisma Karsa Pemuda Kemenpora, Minggu (17/12/2023).

Tampilnya 401 atlet catur dari 18 daerah memperlihatkan persaingan makin ketat, baik di kelompok terbuka, usia 16 tahun, dan 12 tahun putra – putri. Dengan begitu pembinaan catur di daerah sudah memperlihatkan pemerataan, apalagi yang tampil juara ada yang datang dari luar pulau Jawa.

Untuk itu Utut berharap partisipasi semua pengurus daerah untuk membina para atlet caturnya seoptimal mungkin, apalagi menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatra Utara tahun 2024.

Menurut Utut perhelatan PON XXI di Sumatera Utara tahun 2024 waktunya bersamaan dengan ajang Olimpiade catur. Kemungkinan besar di PON nanti akan diikuti para atlet junior. Sedang atlet seniornya akan dipromosikan ke Olimpiade.

Namun Utut mengatakan, mempersiakan atlet menuju Olimpiade Catur tahun 2024 disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang juga mempersiapkan atletnya tampil di PON XXI nantinya.

“PB Percasi tidak dapat memaksakan atlet catur tampil di Olimpiade 2024, semua itu juga tergantung ijin dari daerahnya masing – masing, ” Jelas Utut lagi.

Sedang GMW Medina Aulia yang tampil juara dalam dwi tarung “JAPFA Year End Tournament” lawan Dwi AA Citra dengan skor 3,5 – 2,5 VP kemungkinan besar tidak bisa memperkuat tim Indonesia tampil di Olimpiade tahun 2024.

Medina mengaku sudah terikat kontrak memperkuat tim Daerah Jabar tampil di PON XXI tahun 2024. “Saya sudah menandatangani kontrak perjanjian tampil di PON XXI, dengan begitu sudah jelas minta maaf pada PB Percasi tidak bisa tampil di Olimpiade tahun 2024,” ujar Medina setelah tampil di dwi tarung “JAPFA Year End Tournament” lawan Dwi AA Citra. ( Warso)

Related posts