Suara Karya

Konsisten Catatkan Tren Kinerja Positif, BCA Life Optimis Capai Target di 2024

JAKARTA (Suara Karya): PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) konsisten mencatatkan tren kinerja keuangan yang positif sepanjang 2023.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh kontribusi pertumbuhan penjualan dari kanal bancassurance, agency, corporate business, telemarketing serta digital ditengah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memiliki proteksi jiwa pasca pandemi covid-19.

“Hal itu terlihat dari pendapatan premi sebesar Rp1.6 triliun, tumbuh signifikan sebesar 15 persen secara year-on-year (yoy) dibanding tahun 2022,” kata Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life, Christine Seryabudhi di Jakarta, Jumat (5/4/24).

Selain itu, lanjut Christine, BCA Life juga berhasil mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp71,22 miliar, tumbuh kuat sebesar 38 persen yoy.

Dengan total nasabah tertanggung mencapai 454.968 jiwa, BCA Life sukses memenuhi kewajibannya untuk membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp737,61 miliar, meningkat 13 persen yoy sejalan dengan total uang pertanggungan yang mencapai Rp112,2 triliun.

BCA Life juga mempertahankan posisi keuangan yang kuat untuk mendukung keseluruhan operasional bisnis dengan rasio pencapaian tingkat solvabilitas (risk-based capital/RBC) sebesar 436,6 peren, RBC ini jauh di atas ketentuan minimum dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni sebesar 120 persen.

“BCA Life berkomitmen untuk selalu mengedepankan kepentingan nasabah dalam menjalankan bisnisnya, termasuk dalam hal penempatan investasi,” ujarnya.

Disebutkan, total aset BCA Life mengalami peningkatan positif menjadi Rp2,87 triliun, tumbuh 23 persen yoy sejalan dengan total investasi yang bertumbuh.

Selain itu, didukung dengan cadangan teknis kuat sebesar Rp2,01 triliun, dimana naik 28 persen yoy semakin memantapkan posisi Perseroan untuk mengarungi tahun 2024 yang penuh tantangan.

Kinerja keuangan tahun 2023 yang sehat dan terjaga kuat, serta momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut, ditambah tingkat kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi.

Diharapkan upaya itu dapat menjadi pijakan kuat bagi BCA Life guna mencapai target positif di tahun 2024.

“Dengan bekal capaian kinerja keuangan yang positif selama beberapa tahun terakhir, kami optimis dapat mempertahankan kinerja baik di tahun ini. Dengan strategi bisnis yang mengedepankan kebutuhan dan kepentingan nasabah untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Meski masih terdapat tantangan, lanjut Christine, terkait kondisi pasar yang belum stabil dan isu geopolitik yang memperlambat pemulihan ekonomi, kami yakin pasca pemilu damai pemerintahan yang baru dapat memberi sentimen positif bagi perindustrian asuransi jiwa Tanah Air. (Tri Wahyuni)

Related posts