JAKARTA (Suara Karya): Dalam suasana persaingan pasar yang semakin kompetitif, brand-brand asli Indonesia mencatat pertumbuhan yang signifikan, mampu bersaing bahkan dengan brand multinasional di berbagai kategori produk. Stabilitas ekonomi saat ini menjadi pendorong bagi peluang bisnis franchise dan kemitraan, yang mendorong ekspansi pembukaan cabang dengan skema kerja sama menarik bagi calon mitra.
Hal ini terungkap dalam gelaran BRAND INDONESIA SUMMIT yang diselenggarakan oleh Media INFOBRAND Group, bekerja sama dengan Indonesia Brand Community (IBC). Acara yang mengusung tema “Building a Strong National Brand” ini menghadirkan berbagai narasumber ahli, termasuk Prof. Agus W Soehadi dari Universitas Prasetya Mulya, Arto Soebiantoro, dan Tri Raharjo.
Di acara tersebut, juga diberikan BRAND INDONESIA EXCELLENCE AWARD 2024 untuk mengapresiasi brand-brand lokal yang unggul dalam membangun popularitas dan kepuasan konsumen di ranah digital.
Menurut CEO Media INFOBRAND Group, Susilowati Ningsih keberhasilan brand lokal bukan hanya menunjukkan kualitas produk, tetapi juga menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional.
“Brand lokal telah membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki daya saing tinggi, baik di dalam negeri maupun secara global. Ini menunjukkan bahwa brand lokal adalah pilihan utama bagi masyarakat,” ujar Susilowati di Jakarta, Sabtu (2/11/2024).
Tri Raharjo menambahkan, riset yang dilakukan untuk Brand Indonesia Excellence Award mengukur bagaimana brand lokal membangun popularitas dan kepuasan konsumen dengan pendekatan digital research yang melibatkan tiga parameter: Digital Brand Asset, Digital Brand Awareness, dan Digital Consumer Review & Rating.
Brand-brand yang meraih penghargaan tahun ini antara lain MUSCLE FIRST, NATUR-E, DETOSLIM, dan JEVARINE. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa brand lokal semakin diperhitungkan di pasar nasional dan internasional.
TOP Opportunity Choice Award 2024.
Sekadar informasi, penghargaan TOP Opportunity Choice Award 2024 merupakan sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan oleh FRANCHISEGLOBAL.COM kepada bisnis franchise dan kemitraan yang telah berhasil dalam membangun brand, menciptakan peluang dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
”TOP Opportunity Choice Award sebagai bentuk apresiasi kepada bisnis Franchise dan Kemitraan yang telah berhasil membangun brand, menciptakan peluang, dan mengembangkan bisnisnya, sehingga menjadi peluang bisnis franchice dan lisensi yang berpotensi,” kata Susilowati.
Penilaian TOP Opportunity Choice Index dilakukan dengan menggunakan pendekatan Desk Research. Proses penilaian dilakukan terhadap Bisnis-bisnis yang membuka peluang usaha franchise dan kemitraan di Indonesia berdasarkan 3 parameter penilaian, yaitu; Brand Popularity Aspect, Brand Interest Aspect dan Business Development Aspect.
Sedangkan untuk pemenang TOP Opportunity Choice Award 2024 diantaranya adalah: SHOP & DRIVE, DEPO AIR MINUM BIRU, BURGER BANGOR, KEBAB TURKI BABA RAFI dan lain sebagainya. (Boy)