Suara Karya

PB ABTI Optimis, Timnas Bola Tangan Indonesia Ukir Prestasi Maksimal di ASEAN University Games 2024

JAKARTA (Suara Karya) : Tim bola tangan putra indoor Indonesia berobsesi menyuguhkan prestasi terbaik saat tampil di ASEAN University Games (AUG) yang akan digelar di GOR Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 25 Juni – 6 Juli 2024.

“Upaya mengukir prestasi cemerlang dalam event bola tangan indoor antar mahasiswa se ASEAN itu, tim nasional (Timnas) Indonesia yang sudah terbentuk akan melakukan penyesuaian suhu udara dan tempat pertandingan di GOR ITS mulai 22 Juni 2024 mendatang, ” tegas Ketua Umum Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM di Jakarta, kemarin.

Zulfydar mengucapkan banyak Terima kasih pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan BAPOMI Pusat yang memberikan peluang cabang bola tangan dapat dipertandingkan di multi event antar mahasiswa ASEAN yang di kenal dengan POM ASEAN di Surabaya.

Tampilnya para atlet dari kalangan mahasiswa tingkat internasional itulah yang nantinya menjadi cikal bakal keikut sertaan tim mahasiswa Indonesia di multi event Asia maupun dunia. Dengan harapan, pembinaan dan prestasi atlet bola tangan Indonesia berkembang cepat ditingkat internasional.

Selain itu katanya Zulfydar mengucapkan Terima kasih pada Rektor ITS Surabaya, Bambang Pramujati yang menyediakan tempat pertandingan di GOR dikawasan kampusnya. Hal itu juga diharapkan menarik minat para mahasiswa menekuni dan mengembangkan prestasi olahraga bola tangan kampus ITS nantinya.

Menyinggung tim nasional bola tangan yang sudah terbentuk merupakan hasil seleksi nasional melalui Kejurnas dan beberapa pertandingan lainnya ditingkat mahasiswa. Pemain bola tangan putra yang terjaring masuk Timnas adalah, Satria Jaya Faturachman, Muhamad Fadly dan Hendro Prasetyo.

Begitu juga Abid Abiyu Cadafi, Geraldo,
Fadhika Alfikriasyah, Zainudin, Doni Priawan, Anggara, Septa Ami Maulana,
Alfian Ardiyansah, Gimas Fathurohman,
Derril, dan Muhammad Aryasatya
Hidayat Noor. Para pemain itu ditempa pelatih Muhamad Arif yang dibantu dua asisten pelatih Slamet Sukriadi dan Hibain Sila Perdana. Adapun ITO (International Technical Official) diberikan pada Patra Aghtiar Rahman dan Eka Prasetyo.

Pada kesempatan terpisah Pelatih bola tangan nasional Muhamad Arif mengatakan siap dan optimis anak asuhnya dapat meraih prestasi optimal saat tampil di ASEAN University Games (AUG) di Surabaya.

Para pemain yang terjaring masuk Timnas bola tangan prestasinya sudah cukup teruji diberbagai event, baik tingkat nasional maupun internasional. Hal itu yang membuatnya optimis mampu meraih hasil optimal di Surabaya.

Ketika disinggung Timnas bola tangan Indonesia berangkat lebih awal ke Surabaya dibanding kontingen lainnya, Arif mengatakan, selain untuk mencoba situasi lapangan juga penyesuaian udara di Surabaya yang dikenal panas.

Dengan melakukan latihan sebelum tampil dalam pertandingan, katanya, juga mampu melakukan koordinasi lebih awal antara pemain yang satu dan lainnya. “Karena kekompakan tim harus utuh saat menghadapi lawan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan yang dilakukan, “jelas Arif lagi. (Warso)

Related posts