Suara Karya

Sentuh 1 Juta Kasus, Menkes Minta Masyarakat Perketat Prokes!

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat perketat protokol kesehatan, seiring meningkatnya kasus corona virus disease (covid-19) di Indonesia. Pasien positif covid-19 saat ini mencapai lebih dari 1 juta orang.

“Kondisi ini harusnya jadi momentum kita untuk memperketat prokes,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube, Selasa (26/1/21).

Disebutkan, pasien positif covid-19 hari ini mencapai 1.012.350 orang dengan jumlah kematian sebanyak 28.468 orang. Pertambahan kasus hari ini bahkan menyentuh angka lebih dari 13 ribu orang.

“Ada 2 momen penting yang harus kita ingat, pertama adalah duka yang mendalam atas banyaknya masyarakat yang meninggal karena covid-19. Begitu pun tenaga kesehatan (nakes) kita, ada 600 nakes yang meninggal saat menjalankan tugasnya,” tutur Budi.

Ditambahkan, covid-19 saat ini telah menulari lapisan sosial terdekat dari masing-masing individu, yaitu kluster keluarga. Upaya pencegahan butuh kesadaran bersama agar kasusnya tidak semakin meluas.

“Dibutuhkan kerja sama seluruh masyarakat untuk mengurangi laju penularan virus corona ini. Agar perjuangan nakes dalam mengobati pasien menjadi tidak sia-sia,” kata mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Menkes meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Upaya ini tidak bisa dilakukan pemerintah sendirian, butuh partisipasi bersama seluruh komponen bangsa untuk menegakan disiplin 3M,” ujarnya.

Selain penerapan prokes, Budi menambahkan, Kementerian Kesehatan akan bertanggung jawab untuk mengoptimalkan pengujian (testing), pelacakan (tracing) dan juga isolasi. (Tri Wahyuni)

Related posts