Suara Karya

Dirjen Diksi-Juara MCI Gelar Demo Masak di Vokasifest x Festival Kampus Merdeka

JAKARTA (Suara Karya): Transformasi pendidikan vokasi menunjukkan hasil yang membanggakan. Hal itu terlihat pada gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka yang menjadi unjuk kebolehan insan vokasi.

Satu sesi menarik dalam gelaran tersebut adalah duet maut dalam demo memasak antara Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati dan juara dua Master Chef Indonesia (MCI), Rizkisyah Putra Singarimbun

Kiki Yuliati tampak menikmati kegiatan demo memasak tersebut. Tak hanya menggunakan kostum ala chef, tapi juga ikut aktif mengukur bahan, memotong hingga memasak. Bahkan, ikut menata hasil masakannya.

“Hingga saat ini saya masih suka memasak jika ada waktu. Bagi saya, memasak itu semacam healing yang menyenangkan hati,” tuturnya.

Kiki Yuliati mengungkapkan, gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka sebenarnya dua kegiatan besar yang digabung menjadi satu. Bertujuan menyampaikan hasil transformasi pendidikan akademik dan vokasi yang telah dilakukan selama ini.

“Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka memberi kesempatan kepada peserta didik, guru, dosen yang sudah berkarya di kampus dan di sekolah untuk unjuk kebolehan mereka,” kata Kiki di Jakarta, Senin (11/12/23).

Kiki menegaskan, pendidikan vokasi saat ini sudah berada di jalan yang benar agar bisa sejajar dengan pendidikan akademik. Bahkan, pendidikan vokasi ikut menyiapkan lulusannya agar siap bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan studinya.

“Dibalik kata siap kerja itu, pendidikan vokasi menyiapkan siswa untuk menghadapi masa depan melalui proses pembelajaran yang menyenangkan,” tuturnya.

Sementara itu, Rizkisyah Putra Singarimbun yang akrab disapa Kiki mengatakan, Vokasifest x Festival Kampus Merdeka merupakan kegiatan yang bagus.

“Banyak ilmu yang bisa saya ambil dalam gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka. Hal itu menjadi bukti, jika kualitas pendidikan kita, terutama pendidikan vokasi berhasil mencetak lulusan yang kompeten,” kata alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan itu.

Pria bertubuh gempal itu menambahkan, pendidikan vokasi telah memberi manfaat bagi dirinya. Pendidikan vokasi telah membentuk karakter, budi pekerti dan pembentukan diri ke arah fundamental. Bagaimana bersikap di industri dan di dunia kerja,” katanya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggelar Vokasifest x Festival Kampus Merdeka pada 11-12 Desember 2023 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Gelaran tersebut dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. (Tri Wahyuni)

Related posts