Suara Karya

Gandeng Warga Pondok Cabe, UT Tandai Dimulainya Program PkM 2024

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Terbuka (UT) menandai dimulainya Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 2024 di Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (20/6/21).

Hadir dalam acara itu, Rektor UT, Prof Ojat Darojat; Sekretaris Kecamatan Pamulang, Munadi; Lurah Pondok Cabe Udik, Abdul Malik; Lurah Pondok Cabe Ilir Prihadiyanto; Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UT, Prof Dewi Artati Padmo Putri beserta jajarannya.

UT menyiapkan 5 program PkM yang akan melibatkan sekitar 110 ribu warga di Kelurahan Pondok Cabe Udik dan Kelurahan Pondok Cabe Ilir. Lokasi 2 kelurahan tersebut tak jauh dari kampus UT.

Seperti dijelaskan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UT, Prof Dewi Artati Padmo Putri, 5 program itu meliputi pemberdayaan anggota PKK dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Kegiatan berupa pelatihan, konsultasi dan pendampingan. Kami juga bantu dalam pemasaran produk secara daring. Digital marketing saat ini sedang trend,” ujarnya.

Program kedua, lanjut Prof Dewi, penguatan literasi bagi Guru SD di dua kelurahan tersebut. Para guru tersebut akan mendapat pelatihan untuk mengembangkan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).

“Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan ‘higher order thinking skills’ seperti Nearpod, Quizizz dan Candyedu,” ucap Prof Dewi.

Program lainnya berupa penguatan ketahanan keluarga di Desa Pondok Cabe Ilir. UT akan melakukan edukasi ke masyarakat tentang ketahanan keluarga, terutama dalam mengatasi tantangan sosial dan ekonomi yang kompleks.

Program keempat berbentuk kolaborasi dengan UMKM dalam hilirisasi program kuliner unggulan di Kelurahan Pondok Cabe Ilir. Diharapkan kuliner itu disukai masyarakat hingga keluar wilayah Pondok Cabe.

Program kelima adalah revitalisasi mata air ‘kobak nyamplung’ berbasis swakelola komunitas.
Inisiatif itu diharapkan dapat ikut melestarikan lingkungan dengan menggali potensi sumber daya air setempat dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengelolaannya.

Rektor UT Prof Ojat Darojat menyebut, pihaknya mengalokasikan dana yang cukup besar untuk pelaksanaan Program PKM setiap tahunnya, yaitu 15 persen dari total anggaran yang diperoleh UT sebesar Rp1,6 triliun.

“Dalam pelaksanaannya tidak pernah sampai 15 persen. Karena keterbatasan sumber daya manusianya,” ungkap Prof Ojat.

Pelaksanaan PkM 2024 meliputi 291 proposal kegiatan, yang terbagi dalam berbagai skema. Disebutkan, 150 skema dosen/komunitas, 58 skema nasional, 13 skema pengembangan kewirausahaan, 60 skema kewirausahaan mahasiswa, dan 10 skema internasional.

“Kegiatan PkM tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 3 negara, yaitu Sabah Malaysia, Timor Leste dan Filipina,” ujarnya.

Prof Ojat meminta kepada anak muda di wilayah Pondok Cabe dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UT. Dengan kualitas perguruan tinggi negeri (PTN), biaya kuliah di UT sangat terjangkau.

“Banyak orang belum tahu, biaya kuliah di UT itu sangat murah. Satu SKS (satuan kredit semester) di UT hanya Rp35 ribu atau setara semangkok bakso,” ucapnya.

Meski berbiaya murah, Prof Ojat menegaskan, kualitas UT tidak murahan. UT didirikan pemerintah untuk menampung anak-anak muda yang terkendala ekonomi agar bisa meningkatkan kualitas hidupnya lewat pendidikan.

“Kami harap kelurahan bisa membantu promosikan ini, agar semakin banyak anak bangsa yang melanjutkan pendidikan tingginya di UT dengan uang kuliah mulai dari Rp100 ribu,” kata Prof Ojat.

Ajak Prof Ojat langsung disambut Lurah Pondok Cabe Ilir, Prihandiyanto. Pasalnya, sekitar 50 persen warganya hanya lulusan SMA. “Semoga ajakan Prof Ojat mendapat respon warga. Pesan ini akan kami sampaikan ke warga,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Lurah Pondok Cabe Udik, Abdul Malik. Pihaknya senang bisa diajak kolaborasi dengan UT. “Kami akan sinergikan program pemerintah yang ada dengan program UT agar hasilnya optimal,” ucapnya. (Tri Wahyuni)

Related posts