Suara Karya

Mahasiswa S2 Parmad Gelar PKM di Sekolah Masjid Terminal Depok

JAKARTA (Suara Karya): Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina (Parmad) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok, Jawa Barat.

Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kehadiran perguruan tinggi di tengah masyarakat.

Kegiatan PKM Universitas Paramadina diikuti oleh Mohamad Reza Pahlevi, Maria Fatima Bona, Febri Indria Suryanti, Gunawan Widisono, Fatimah, Pratiwi Dwi Hapsari, Devani Sari dan Muaidin.

Mohamad Reza Pahlevi selaku ketua kelompok menjelaskan, kegiatan PKM merupakan peran nyata sivitas akademika dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi. Kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat untuk merumuskan masalah serta memberi solusi.

Kegiatan yang dikemas dalam talkshow bertajuk ‘Masa Depan Gen-Z, Mau Jadi Apa?’ itu bertujuan untuk membuka wawasan bagi siswa kelas XII Sekolah Master Indonesia dalam menentukan tujuan karir mereka setelah lulus.

“Kami ingin siswa Sekolah Master mulai merancang karir yang akan dibangun di masa depan. Peluang beasiswa yang ada, serta pilihan program studi yang bisa diambil saat kuliah,” kata Reza.

Sebagai informasi, Sekolah Master Indonesia merupakan sekolah alternatif yang diperuntukkan bagi anak kaum marjinal yang kesulitan mendapat akses pendidikan, seperti anak jalanan, anak terlantar, anak disabilitas dan anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

Sekolah itu tidak seperti sekolah pada umumnya yang didirikan oleh pemerintah. Gedung dibangun dari tumpukan kontainer yang tersusun rapi sebagai ruang kelas dengan cat warna-warni pada bagian luar. Bangunan yang terlihat mencolok karena terletak persis di belakang Terminal Depok, Jawa Barat.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran siswa kelas XII itu memberi wawasan baru dan rasa optimisme masa depan Gen-Z, sehingga talkshow membahas seputar langkah harus diambil siswa Sekolah Master Indonesia setelah lulus sekolah.

Selain edukasi seputar peluang kerja di era digital, dunia kampus dan strategi mendapat beasiswa dalam dan luar negeri, memperluas jaringan hingga memanfaatkan peluang dan kesempatan.

Kegiatan talkshow diikuti 50 siswa kelas XII Sekolah Master dan para guru.

Pada kesempatan sama, Kepala Sekolah Master, Sri Lestari mengapresiasi kegiatan PKM mahasiswa Universitas Paramadina yang kemas dalam talkshow.

“Kegiatan ini membuka wawasan siswa untuk merancang karir setelah lulus. Jadi kegiatan ini memberi pencerahan bagi adik-adik di Sekolah Master, apalagi workshop ini diadakan oleh pihak luar sehingga mereka tidak bosan,” ucapnya.

Kegiatan PKM diakhiri dengan pemberian sertifikat dan piagam sekolah serta sertifikat dan model workshop kepada peserta dan pihak sekolah yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah Master, Sri Lestari dan para guru serta peserta. (Tri Wahyuni)

Related posts