Suara Karya

“Satu Amal, Dua Pahala’”  Armand Maulana Ajak Masyarakat Ikuti Program Amazing Qurban 2024

JAKARTA (Suara Karya) : Vokalis band Gigi, Armand Maulana berikan acungan jempol “Amazing Qurban” miliki program cukup unik, yang bertajuk ‘Satu Amal, Dua Pahala’”

“Pequrban yang berqurban di Amazing Qurban tidak hanya mendapat pahala qurban yang disalurkan hingga pelosok nusantara, tetapi juga ikut berkontribusi langsung dalam upaya menghapus buta aksara Quran di seluruh Indonesia, melalui program Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ), “tegas Armand Maulana di Masjid Cinta Alquran Center, Tangerang Selatan, Jumat (7/6/2024).

Pelantun lagu 11 Januari itu melanjutkan, Cinta Quran Foundation sebagai lembaga non-governmental organization yang fokus terhadap aktivitas dakwah, sosial dan kemanusiaan memiliki program tahunan yakni Amazing Qurban guna memperluas manfaat ibadah Qurban setiap 10 Dzulhijjah.

Armand Maulana sempat terkejut, dalam Data Dewan Masjid Indonesia menyebutkan bahwa 72% umat Islam di Indonesia buta huruf Al Quran. Oleh karena itu Ustadz Fatih Karim menambahkan, momen qurban ini menjadi salah satu cara untuk syiar Quran kepada Masyarakat baik di perkotaan maupun pedalaman.

Armand menceritakan, sebelumnya diajak oleh sahabatnya yaitu Ustadz Fatih Karim untuk mengikuti program Amazing Qurban. Setelah tahu hakekatnya maka langsung menyatakan ikut Qurban untuk. ayahnya, meski sebelumnya sudah berqurban 4 hewan untuk ibu dan saudara – saudaranya.

“Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk,
bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu bahagiakanlah dirimu dengannya.” (Tarmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

Hadi Azis Pratama selaku Board of Management Cinta Quran Foundation menambahkan, “tahun 2023, Amazing Qurban telah melakukan penyaluran hewan Qurban kepada 9.520 penerima. Semua itu disalurkan di 57 Titik di 30 Provinsi di Indonesia dari Aceh hingga
Papua.”

Adapun bentuk pelaksanaan kelas pelatihan baca Quran telah diselenggarakan di 54 Kota di
Indonesia dan membebaskan 6.070 muslim dari buta aksara Quran sepanjang tahun 2023.

Istimewanya, Amazing Qurban 1445 H tahun ini tidak hanya menebar manfaat bagi masyarakat Indonesia di pelosok, tapi juga meluaskan manfaat ke Uganda dan Palestina dengan menggandeng International Networking for Humanitarian (INH) yang dipimpin Muhammad Husein Gaza.

“Penyembelihan akan kita lakukan di Kairo Mesir kemudian dagingnya akan kita masukkan dalam
container dalam bentuk frozen meat untuk segera kita kirim ke Gaza melalui gerbang Rafah,”kata Husein lewat live zoom.

Adapun bentuk program Quran yang dilaksanakan dalam Amazing Qurban untuk Gaza ini adalah bantuan operasional pendidikan Quran bagi anak-anak Gaza penghafal Qur

Selain Gaza, penyaluran qurban ke Uganda bekerja sama dengan Hands Foundation akan
menyalurkan hewan qurban di Uganda Barat, tepatnya di sekolah Islam Salam Education Center yang memiliki 600 orang santri mukim dan belajar secara gratis.

“Lokasi tersebut dipilih karena lokasi itu adalah satu-satunya sekolah Islam di Uganda Barat, jarak lokasi dari kota kurang lebih 10 jam. Apalagi banyak muslim di Uganda berada di bawah garis
kemiskinan.” ujar Hamzah Tamimy, Founder Hands Foundation. (Warso)

Related posts