Suara Karya

Jadi CEO Dentsu Indonesia, Elvira Jakub Siapkan Strategi Marketing di Era Digital

JAKARTA (Suara Karya): Setelah malang melintang di dunia pemasaran selama lebih dari 23 tahun, Elvira Jakub akhirnya menduduki posisi puncak sebagai CEO dentsu Indonesia.

Ia mengambil alih tongkat estafet dari Prakash Kamdar, yang telah memimpin bisnis jaringan dentsu di Indonesia sejak Februari 2022. Prakash kini menjadi CEO, Clients & Solutions dentsu Asia Tenggara dan CEO dentsu Singapura.

CEO dentsu Asia Tenggara, Sanjay Bhasin menjelaskan, dipilihnya Elvira Jakub karena memiliki pengalaman pemasaran yang luas tentang pasar Indonesia.

“Penunjukan Elvira sebagai CEO juga bagian dari strategi dentsu untuk memperkuat klaster Asia Tenggara, yang mencakup pasar Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” ucapnya.

Saat perkenalan dengan media, di Jakarta, Selasa (5/3/24), Elvira menyampaikan rasa bahagia atas sambutan hangat yang diberikan Dentsu Indonesia. Ia optimis bisa membawa brand tersebut lebih baik di masa depan.

“Saya baru tiga hari di sini, jadi belum bisa bicara strategi pemasaran secara detil,” tutur Elvira yang memiliki dua jabatan keren dalam 10 tahun terakhir, yaitu Head of Industry, Google Indonesia dan Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia.

Meski demikian, Elvira Jakub menyebut ada perubahan dramatis dalam dunia pemasaran dan periklanan saat ini. Paradigma pemasaran telah berubah dari sederhana menjadi kompleks.

“Di masa lalu, kita cukup pasang iklan di baliho depan toko, besok pembeli akan datang. Sekarang tidak bisa pemasaran seperti itu,” ujarnya.

Menurut Elvira, era digital telah membawa banyak gangguan dalam promosi produk. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan yang lebih cermat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran.

“Di era digital, promosi barang itu banyak gangguan. Karena diluaran banyak opsi dari brand-brand lain,” ucapnya.

Dalam menghadapi kompleksitas ini, pihaknya menawarkan solusi yang inovatif. Karena itu, Elvira optimis Dentsu dapat membantu para pemasar merek menyasar target yang tepat dalam industri pemasaran dan periklanan sebagai inisiatif baru.

“Dunia marketing sekarang lebih kompleks. Dentsu akan membantu brand marketers atau pemasar merek agar bisa menyasar target yang tepat,” kata Elvira menegaskan.

Dengan meningkatnya dominasi dunia digital, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa pesan yang mereka sampaikan ke audiens sudah tepat. “Pentingnya memposisikan merek dengan benar di tengah persaingan brand yang semakin sengit,” ucapnya.

Prakash Kamdar dalam sambutannya mengatakan, sebagai salah satu jaringan agensi terintegrasi terbesar di Indonesia, dentsu memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Saya bangga menjadi bagian dari tim dentsu Indonesia, membantu klien dan komunitas berkembang dengan solusi terintegrasi, termasuk Dentsu Commerce dan Dentsu Influence. Ini menjadi perjalanan yang luar biasa,” kata Prakash menandaskan. (Tri Wahyuni)

Related posts