Universitas Negeri Jakarta inisiasi Webinar Olahraga Nasional Menuju Haornas 2020

0

JAKARTA (Suara Karya) : Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus melakukan terobosan dalam memajukan dunia olahraga ditengah Pandemi Virus Corona (Covid-19). Seperti halnya menggagas kegiatan webinar olahraga berskala nasional menuju Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020.

Webinar yang diselenggarakan Rabu, 2 September 2020 dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr. H. Zainudin Amali, S.E., berlangsung dengan baik melibatkan 290 peserta dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan himbauan protokol Kesehatan bagi pelaku olahraga serta pentingnya kebugaran terhadap daya tahan dan kesehatan masyarakat Indonesia. Dilanjutkan dengan pentingnya pendampingan Sport Science tidak hanya pada olahraga prestasi, tetapi juga olahraga rekreasi dan olahraga Pendidikan. Dan diakhiri dengan usulan Kerjasama antara KEMENPORA dengan Perguruan Tinggi olahraga untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Rektor Universitas Negeri Jakarta, Dr. Komaruddin, M.Si dsi pada kesempatan yang sama menyampaikan niat Universitas Negeri Jakarta dalam mendukung Hari Olahraga Nasional di UNJ, serta menyampaikan gagasan kampus olahraga seperti UNJ dan UNESA sebagai pusat sport science, sport industry dan sport tourism. Sehingga program olahraga terstruktur dan terprogram dengan matang sampai aplikasinya.

Acara yang diikuti oleh seluruh dekan olahraga yang tergabung dalam Forum Dekan OR se-Indonesia juga diawali dengan sambutan Ketua Forum Dekan, Dr. Budi Valianto, M.Pd yang mengharapkan agar kegiatan dapat menghasilkan kontribusi yang mencerahkan dan menghasilkan program yang bermanfaat bagi dunia olahraga.

Dilanjutkan dengan penyampaian informasi oleh tuan rumah, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Johansyah Lubis, M.Pd bahwa Lembaga perguruan tinggi keolahragaan jenjang S1, s2 dan s3 terdapat kurang lebih 100 prodi di tanah air yang merupakan potensi besar dalam mengembangkan SDM Sport Science keolahragaan.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, rektor Universitas Negeri Surabaya dalam kesempatannya sebagai narasumber memulai materi webinar dengan penjelasan singkat terhadap Covid-19 dan dampaknya pada dunia olahraga, dilanjutkan dengan strategi dan protokol menghadapi pandemi. Dilanjutkan dengan refresh Sport Science dan inovasi teknologi pada dunia olahraga.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga siap untuk menerima masukan, ide dan gagasan yang dapat kita tindaklanjuti. Kita siap mendampingi Perguruan Tinggi olahraga Indonesia dalam kegiatan – kegiatan Sports science dan kemajuan teknologi olahraga” timpal Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta, M.Pd.

Acara Webinar Olahraga Nasional yang menghasilkan gagasan , ide dan masukan yang nantinya akan diserahkan kepada KEMENPORA ditutup oleh tanya jawab yang dikawal oleh Wakil Dekan III FIO UNJ, Drs. Mustara Musa, M.Pd. (Warso)