Peringati HUT ke-70, Penerbit Erlangga Gelar Pameran Seni di Museum Nasional

0

JAKARTA (Suara Karya): Di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70, Penerbit Erlangga menggelar pameran seni bertajuk ‘Erlangga Art Award 2022’ di Museum Nasional.

Pameran yang berlangsung selama 14 Mei-12 Juni 2022 tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno secara daring, Selasa (17/5/22).

Hadir dalam kesempatan itu, Dirut PT Penerbit Buku Erlangga, Raja Daut Manahara Hutauruk dan segenap jajarannya, serta Pelaksana tugas (Plt) Kepala Museum Nasional, Sri Hartini.

Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products Penerbit Erlangga, Fikri Somyadewi menjelaskan, ada 110 karya seni yang dipamerkan, terdiri atas 24 karya lukis, 16 karya fotografi, 24 karya film pendek, 30 karya seni instalasi dan 16 karya puisi.

“Semua yang dipamerkan adalah hasil karya pelajar dan masyarakat umum, yang ikut dalam kompetisi bertajuk ‘Indonesia Negara Pemenang’ selama Maret-April 2022,” ujar Fikri.

Ditambahkan, kegiatan ‘Erlangga Art Awards’ merupakan bagian dari perayaan hari jadi ke-70 Penerbit Erlangga. Kegiatan itu bertujuan mengasah talenta pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum.

“Di masa pandemi, anak-anak banyak berada di rumah. Lewat kompetisi Erlangga Art Awards, kami ingin anak memiliki kegiatan bermanfaat. Hasilnya luar biasa, karya mereka cukup unik dan menarik,” kata Fikri yang ingin menjadikan kompetisi tersebut sebagai agenda tahunan.

Kegiatan Erlangga Art Awards 2022 melibatkan seniman, penyair, komposer, dan fotografer profesional yang andal, antara lain Heri Dono, Dolorosa Sinaga, Peri Sandi Huizche, Dinda Kanya Dewi, Bemby Gusti, Farah Wardani, Edward Tigor Siahaan, Arbain Rambey, Esti Nurjadin, Naufal Abshar, Ibnu Wahyudi, Bunga Yuridespita dan Gunnar Nimpuno.

“Mereka adalah pekerja seni Indonesia yang sangat produktif dan menginspirasi. Kami berterima kasih karena mereka sudah membantu hingga pameran ini terselenggara,” ujar Fikri.

Puncak kegiatan Erlangga Art Awards 2022, yaitu pengumuman pemenang lomba Painting Festival, Photography Festival, Creative Poetry Festival, dan Documentary Film Competition akan berlangsung pada 21 Mei 2022, pukul 18.30 hingga 21.00 WIB.

“Ada sekitar 6 ribu peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum ikut kompetisi ini. Total hadiah yang diberikan mencapai Rp540 juta,” katanya.

Salah satu dewan juri, Heri Dono mengatakan kreativitas seni yang lahir melalui ruang-ruang imajinasi, inspirasi, fantasi, dan lain-lain membentuk kebenaran persepsi manusia yang multitafsir menjadi ajang penting, selain keberadaan logika, filsafat, sains dan teknologi.

Kompetisi dapat menginspirasi platform edukasi dan kebudayaan serta memberi wacana dan ide-ide segar bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Tema ‘Indonesia Negara Pemenang’ sangat kontekstual dalam menggambarkan optimisme dan harapan yang tinggi bagi masa depan baru negara Indonesia.

“Saya berharap acara ini akan terus berlanjut dengan wacana global, namun berskala internasional,” ujar Heri.

Di usianya yang ke-70, Fikri menambahkan, Penerbit Erlangga menyatakan komitmen untuk terus berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

“Tak hanya hadir lewat berbagai produk edukatif, tetapi juga aktif dalam kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas guru dan siswa, baik itu berupa pelatihan, seminar, lomba, maupun kegiatan edukatif lainnya,” ujarnya.

Ditanya kesiapan penerbit Erlangga menghadapi era digital, Fikri menjelaskan, pihaknya sudah memasukkan unsur digital sejak 5 tahun lalu, seperti pembuatan video atau infografis yang dibutuhkan milenial dan generas Z.

“Meski dunia sudah semakin digital, kami akan tetap mempertahankan pencetakan buku, yang menjadi ‘core business’ penerbit Erlangga. Kami lakukan bersamaan yaitu digitalisasi produk dan mencetak buku-buku,” ucap Fikri menandaskan. (Tri Wahyuni)